Diresmikan KASAD, Letkol Arm Yudhi Ari Irawan Jabat Dandim Pertama Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo

Gorontalo, Manadonews.co.id – Komando Resor Militer (Korem) 133/Nani Wartabone melaksanakan kegiatan Pembekuan, Peresmian dan Pengalihan Komando dan Pengendalian (Alih Kodal) satuan di Jajaran TNI AD, dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang diwakili oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto melalui Video Conference (Vicon), Selasa (22/11/2022) di aula Kusno Danupoyo Makorem 133/Nani Wartabone.

Usai peresmian dan Pengalihan Komando dan Pengendalian (Alih Kodal) satuan Jajaran TNI AD oleh Wakasad, Komandan Korem (Danrem) 133/Nani Wartabone melaksanakan peresmian pembentukan Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1315/Kabupaten Gorontalo yang merupakan Kodim baru pemekaran dari wilayah tugas Kodim 1314/Gorontalo utara (Gorut) yang ditandai dengan pembukaan kain selubung dan pemotongan pita.

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto menyampaikan ucapan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas segala limpahan rahmat topik dan hidayahnya pada hari ini kita dapat hadir berkumpul bersama-sama untuk melaksanakan acara peresmian satuan baru, pembekuan dan ahli kodal satuan di jajaran TNI AD yang dilaksanakan secara terpusat dan tersebar.

” Saya ucapkan selamat atas penataan dan peresmian satuan satuan baru dan satuan ahli Kodal di jajaran TNI AD, acara ini merupakan bagian dari upaya penataan organisasi TNI AD, agar semakin adaptif, efektif dan efisien sehingga diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih handal dan profesional ,” kata Wakasad.

Dikatakan mantan Danrem 132/Tadulako tersebut, bahwa pembentukan satuan ini merupakan upaya TNI AD dalam memenuhi pembangunan kekuatan pokok minimum (minimum esensial force) yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan berbasis kemampuan sesuai dengan kebijakan strategis TNI AD 2010-2029. Penataan dan pembentukan satuan ini diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas TNI AD

Baca Juga:  Pemprov Sulut Gelar Rapat Kerja Pemerintahan Tahun 2022

Berkaitan dengan peresmian satuan baru dan alih kodal satuan, para unsur pimpinan terkait agar segera melaksanakan penyesuaian program kerja dan anggaran satuan masing-masing. Hal ini dibutuhkan agar keseluruhan pelaksanaan peresmian dan Alih kodal satuan-satuan jajaran TNI AD dapat berlangsung sesuai tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, sehingga tercipta tertib administrasi program latihan dalam rangka mewujudkan satuan TNI AD yang profesional, serta memiliki kesiapan operasional.

” Mantapkan pembinaan satuan dengan meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta lakukan identifikasi berbagai permasalahan satuan dengan merumuskan konsep pembinaan satuan yang baik tepat dan terarah dalam rangka mendukung tercapainya keberhasilan tugas pokok ,” ujar Pati TNI AD yang sejak 31 Januari 2022 mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad).

Dalam amanatnya Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh yang dibacakan oleh Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim mengatakan bagi kami, Kodam XIII/Merdeka peresmian Kodim1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Boalemo ini tentunya sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi rentang kendali, sehingga Komando semakin optimal dan dapat lebih cepat merespon setiap kontinjensi yang mungkin terjadi, serta memaksimalkan pembinaan kewilayahan.

” Selaku Pangdam XIII/Merdeka, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung berdirinya Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Boalemo, terlebih khusus kepada pemerintah daerah, baik Pemerintah Provinsi
Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Gorontalo maupun Pemerintah Kabupaten Boalemo ,” ungkap pimpinan tertinggi di Makorem 133/Nani Wartabone.

Baca Juga:  Toni Bantah Pernyataan Dolly ke Dispora

Lebih lanjut dikatakan Jenderal asal Manado ini bahwa, misi strategis yang diemban oleh Satuan Kewilayahan TNI seperti Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Boalemo ini adalah bersinergi dengan pemerintah daerah dan Polri, serta berjuang bersama rakyat dan seluruh komponen masyarakat yang ada, guna menciptakan ketahanan wilayah yang tangguh, aman dan nyaman, untuk berjalan lancarnya pembangunan daerah demi kesejahteraan rakyat.

Seluruh Prajurit Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Boalemo harus memiliki kepedulian yang tinggi dan berupaya menghadirkan satuan ini sebagai satuan yang mampu menjalankan peran, fungsi dan tugas yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya.

Laksanakan pembinaan satuan yang efektif guna mewujudkan kesiapan operasional yang maksimal. Jalin kerja sama yang harmonis dan sinergis dengan pemerintah daerah dan Polri, juga dengan seluruh komponen bangsa dan elemen masyarakat lainnya, guna mengoptimalkan tugas- tugas pembinaan teritorial dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan.

” Saya ingatkan kepada Dandim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Dandim 1316/Boalemo, bahwa keberhasilan satuan berawal dari kesiapan elemen internal satuan dan interaksi satuan tersebut dengan lingkungan tugasnya. Untuk Komandan Korem 133/Nani Wartabone selaku atasan langsungnya juga harus mampu mengendalikan dan mengawasi operasional Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Boalemo secara optimal, sehingga keberadaan kedua Kodim yang baru ini mampu mewujudkan harapan Komando Atas sebagai Satuan Kewilayahan yang dapat membantu dan berkontribusi positif terhadap jalannya pembangunan di daerah ,” ujar mantan Aster Kasdam IV/Diponegoro.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 1315/Kabupaten Gorontalo Letkol Arm Yudhi Ari Irawan melaporkan bahwa kesiapan lokasi pembangunan Markas Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo diatas lahan seluas 50 ribu m² dan dibangun pada tanggal 20 Maret sampai dengan 14 November 2020 di Desa Tabongo Barat Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Pembangunan ini melalui dukungan dana anggaran pemerintah dalam APBN tahun 2020 Rp 5,8 M dan tahun 2021 Rp 2 M.

Baca Juga:  Kunjungi Tahuna Menteri Perhubungan Resmikan 12 Pelabuhan

” Nantinya Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo akan memiliki 5 Koramil diantaranya Koramil 1315-01/Telaga, Koramil 1315-02/Limboto, Koramil 1315-03/Tabongo, Koramil 1315-04/Tibawa dan Koramil 1315-05/Boliyohuto ,” kata Dandim 1315/Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika, Wakajati Gorontalo Sila Pulungan, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Awaludin Pauweni, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Gorontalo Lutfi S.H, Kasrem 133/Nani Wartabone Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Tri Handoko, Aspers Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Adek Chandra Kurniawan, Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Marthen Venry Rorintulus, Aslog Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Bambang Tugiyono, Kabekangdam XIII/Merdeka Kolonel Cba Dian Bagas Irianto, Kapaldam XIII/Merdeka Kolonel Cpl Wilbertus N.S, Kakumdam XIII/Merdeka Kolonel Chk Saiful Kustiawan, Kaajendam XIII/Merdeka Kolonel Caj Fibriyanto, Kapendam XIII/Merdeka Letkol Arm Beny Hendra Suwardi, Kasiren Korem 133/Nani Wartabone Kolonel Kav Sugianto, para Kasi Kasrem 133/Nani Wartabone dan para Dandim sejajaran Korem 133/Nani Wartabone.

Untuk diketahui satuan yang alih kodal yaitu Yonif 320 Badak Putih Kodam III/Siliwangi menjadi Yonif Mekanis 320 Badak Putih Divisi I Kostrad dan Pembentukan resimen Arhanud II/Sisingamangaraja di Kodam I/Bukit Barisan.

Sedangkan untuk satuan baru yang di bentuk diantaranya Kodim 0625/Pangandaran Kodam III/Siliwangi, Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo Kodam XIII/Merdeka, Kodim 1316/Boalemo Kodam XIII/Merdeka, Kodim 1430/Konawe Utara Kodam XIV/Hasanuddin dan Kodim 1812/Pegunungan Bintang Kodam XVIII/Kasuari.

(Reginannlhy)

 

Pos terkait