Pesan Asops Panglima TNI kepada Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider Wiratama

Manado – Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Agus Suhardi melaksanakan Pengecekan dan Pemeriksaan Kesiapan Operasi (Riksiapops) Satgas Satuan Organik Yonif Raider 712/Wiratama Kodam XIII/Merdeka wilayah Papua tahun 2022, Rabu (23/11/2022) di Markas Batalyon Infanteri Raider 712/Wiratama.

Kunjungan Asops Panglima TNI ke markas prajurit Pisau Komando dan Petir tersebut dihadiri oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, Waasops KASAD Bidang Siapsat Brigjen TNI Gregorius Suharso, para staf ahli Pangdam XIII/Merdeka, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Daniel Lalawi, Asops Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Sutrisno Pujiono, Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, Paban IV/Opsdagri Sops TNI Kolonel Inf Wawan Pujiatmoko, Paban III/Lek Skomlek TNI Kolonel Laut (E) Frandinanto Suwarno, Kabiddukkesops Puskes TNI Kolonel Ckm Dr. Moh. Birza Rizaldi, Paban II/Bekum Slog TNI Kolonel Cba Hery Ismailiya, Danpomdam XIII/Merdeka Kolonel Cpm Bangun Jatmiko, Kahubdam XIII/Merdeka Kolonel Chb Andris Marlon Tuwaidan, Katopdam XIII/Merdeka Kolonel Ctp Supriyadi, Kakesdam XIII/Merdeka Kolonel Ckm dr.Ponco Darmono, SMF dr.spesialis Gol IV Rumkit R.W.Mongisidi Kolonel Ckm dr Made Murdalabadi, para Waas Kasdam dan Wakabalak Kodam XIII/Merdeka, Dandeninteldam XIII/Merdeka Letkol Inf Erry Dwianto dan Kasmin Pangdam XIII/Merdeka Mayor Arm Januar.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Erdy Lumintang Pimpin Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Makodam

Dalam paparannya Jenderal bintang dua ini mengatakan tugas merupakan suatu amanah, kehormatan sekaligus kepercayaan bagi seorang prajurit.

“Selintas saya melihat kalian bergerak, kalian melaksanakan kegiatan terbersit dihati saya suatu optimis yang besar kamu pasti akan bisa melaksanakan tugas dengan baik, karena bagi seorang prajurit tugas itu adalah suatu kehormatan dan harga diri untuk mempertahankan nama baik satuan khususnya dan nama baik Tentara Nasional Indonesia (TNI) umumnya,” ungkap mantan Pangdam II/Sriwijaya.

Dikatakannya bahwa pelaksanaan tugas operasi kali ini Batalyon Infanteri Raider 712/Wiratama bukan bertugas sebagai operasi tempur melainkan akan melaksanakan kegiatan operasi yang bersifat humanis dan kemanusiaan dengan melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) dan Komunikasi Sosial (Komsos) secara persuasif dan bangun kebersamaan dengan semua elemen masyarakat. Pada dasarnya keberhasilan merebut hati dan simpati dari rakyat merupakan kunci kesuksesan dalam suatu penugasan.

“Buang jauh jauh image kalian sebagai satuan tempur, disana kalian akan bertempur untuk merebut hati rakyat supaya rakyat disana membelamu, rakyat disana mengakui keberadaanmu, dan yang paling utama adalah kalian harus waspada dalam melakukan sesuatu dengan mempertimbangkan dari aspek pengamanan baik pengamanan personil,materil dan lingkungan,” ujar Mayjen TNI Agus Suhardi.

Baca Juga:  Soal Pasien Meninggal, Berikut Penjelasan Pihak RSUD Kotamobagu

Asops Panglima TNI juga mengungkapkan keyakinannya bahwa prajurit Yonif Raider 712/Wiratama dengan dilandasi niat dan kesungguhan serta kemampuan sebagai seorang prajurit yang profesional dapat menyelesaikan tugas dan pengabdian ini dengan baik.

“Tolong jaga optimis dan kepercayaan saya ini. Dari sekian Batalyon yang saya lihat, menurut saya kalian lah yang terbaik,” tegas Perwira Tinggi TNI AD Alumni Akademi Militer A tahun 1988 tersebut.

Dalam wawancaranya, mantan Pangdiv Infanteri 2/Kostrad mengatakan bahwa kedatangannya ini mewakili Panglima TNI untuk melihat secara langsung kesiapan dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 712/Wiratama dalam rangka melaksanakan tugas sebagai satuan organik di wilayah papua.

“Kita ketahui bersama bahwa wilayah Papua begitu luas sehingga perlu satuan satuan organik untuk memperkuat jajaran Kodam XVII/Cenderawasih di Papua, dan dari hasil pemeriksaan saya Satgas Satuan Organik Yonif Raider 712/Wiratama Kodam XIII/Merdeka sudah siap melaksanakan tugas tugas Kodim dan Koramil di wilayah Papua dengan baik dan akan kembali dengan lengkap dan aman,” tutup Mayjen TNI Agus Suhardi.

Baca Juga:  Kuliah Umum Brigjen Theo Kawatu di Unsrat: "Say No To Radicalism"

(Reginnnlhy)

 

Pos terkait