Disbud Sulut Adakan Lomba Cerdas Cermat Museum, Tingkatkan Pengetahuan Warisan Budaya ke Siswa

Manado, MANADONEWS –
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Kebudayaan Daerah (Disbud), terus mendorong berbagai program kreatif dan inovatif untuk menarik minat generasi muda berkunjung ke museum.

Salah satunya mengadakan Lomba Cerdas Cermat Museum untuk para siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Lomba Cerdas Cermat Museum ini dibuka langsung Kepala Disbud Sulut, Jani Lukas yang dihadiri para juri, kepala sekolah dan peserta di Aula Kantor Disbud Sulut, Rabu (30/11/2022).

Jani Lukas kesempatan itu mengatakan, tujuan pelaksanaan lomba untuk memperluas informasi tentang warisan dan cagar budaya yang ada di museum kepada para siswa.

“Lomba ini akan dilakukan dari tingkat provinsi, yang nantinya tim terbaik tingkat SMP yang menang akan menjadi utusan Sulut ke tingkat nasional,” katanya.

Ia menyebut, lewat pelaksanaan lomba tersebut, akan memotivasi serta mengenalkan keberadaan museum kepada para pelajar di Sulut.

 

“Museum ini sangat penting dan bermanfaat bagi dunia pendidikan. Ada ribuan koleksi di museum yang otentik untuk melihat peradaban dan keberadaan Sulut di masa lalu,” ujarnya.

Baca Juga:  Karena Hal Ini, Pemprov Sulut dan PLN Teken Mou Kerjasama

Jani Lukas mengakui, sekarang ini keberadaan museum bukan hanya tempat sumber informasi, tetapi juga sarana rekreasi.

“Kalau di luar negeri, museum itu banyak dijadikan tempat rekreasi. Nah, itu yang kita dorong di Sulut, agar museum ini bisa jadi tempat hiburan bagi masyarakat. Seperti ada pameran, teater dan kegiatan positif lainnya,” terangnya.

Apalagi, lanjutnya, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, terus menggenjot sektor pariwisata.

“Ini yang kita dukung supaya keberadaan museum dapat menunjang pariwisata di Sulut. Apalagi kedepan dipastikan banyak turis asing akan berkunjung ke Sulut dengan penambahan penerbangan langsung seperti dari Korea Selatan,” ungkapnya.

Ia memberi apresiasi atas antusias sekolah dengan mempersiapkan para siswanya mengikuti Lomba Cerdas Cermat Museum.

“Kiranya lomba ini dapat menambah wawasan para pelajar terkait sejarah dan kebudayaan Indonesia khususnya di Sulut. Selain itu, bisa menumbuhkan minat bagi generasi muda untuk datang berkunjung ke museum,” tandasnya.

Adapun yang menjadi juri dalam lomba ini yakni Alfon Kimbal, J.R.E Tampi, Lodewyk Mamahani, Susan Pontoh dan Robby Kolibu.

Baca Juga:  Batas Waktu Penyerahan Kwitansi Pembelian Program Anak Asuh 31 Januari 2020

Juara LCCM
I. SMP ADVENT TIKALA.MANADO
2. SMP FR. DON BOSCO MANADO
3. SMPN 1 MANADO
4. SMP ADVENT 5 KAIRAGI
5. SMP KR.EBEN HAEZER MANADO

(*)

Pos terkait