Perkuat Ketahanan Pangan Nasional Batalyon Zipur 19/YKN Panen Perdana Jagung Hibrida

Manado – Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional, Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 19/YKN melaksanakan panen jagung perdana, yang dipimpin langsung oleh Komandan Yonzipur 19/YKN Letkol Czi Hanif Tupen, S.T,M.I.P, di kebun jagung Batalyon Zipur 19/Yudha Karya Nyata (YKN), Kamis (1/12/2022).

Komandan Batalyon Zeni Tempur (Danyonzipur) 19/YKN Letkol Czi Hanif Tupen,S.T,M.I.P mengatakan bahwa diperkirakan pada tahun depan bangsa Indonesia akan mengalami krisis pangan pasca pandemik Covid-19, selain itu juga pada tahun 2023 tersebut bangsa kita akan menghadapi resesi global, sehingga Presiden RI Joko Widodo melalui Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan atensi kepada seluruh jajaran Komandan Satuan (Dansat) untuk melaksanakan program ketahanan pangan guna mempersiapkan dan menghadapi perkiraan krisis pangan pada tahun depan.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Danyonzipur, bahwa Kodam XIII/Merdeka didalam mempedomani dan melaksanakan atensi tersebut memerintahkan Batalyon Zipur 19/YKN untuk melaksanakan program tersebut dengan mencari lahan kosong atau lahan tidur yang nantinya akan ditanami tanaman palawija.

Baca Juga:  Sterdam XIII/Merdeka Sosialisasikan Jukter 2022 kepada Prajurit TNI

” Saya mengerahkan personel Yonzipur 19/YKN untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat mencari lahan kosong untuk dikelolah, dan hasilnya kami mendapatkan lahan kosong yang luasnya 2 Ha untuk ditanami tanaman palawija berupa tanaman Jagung ,” ujar mantan Danden Zibang 1/IX Kupang tersebut.

Ditambahkannya, kegiatan ketahanan pangan Yonzipur 19/YKN ini sudah berjalan selama 3 bulan dengan menanam jagung jenis Hybrida hasil panen tersebut akan dijadikan cadangan pangan para Prajurit dan juga akan dimanfaatkan sebagai olahan pakan mandiri Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (Ayam KUB) Benteng Sakti Farm.

” Dengan keberhasilan panen saat ini, kedepannya saya berencana akan menambah lahan kebun jagung mencapai 5 Ha dan akan dilaksanakan penanaman pada minggu berikutnya. Selain itu juga diharapkan ini dapat menjadi program untuk kemandirian pangan pakan Ayam KUB guna mendukung Ketahanan Pangan Ayam KUB Benteng Sakti Farm yang sedang berjalan di satuan Yonzipur 19/YKN ,” ungkap suami tercinta dari Ny.Rattih Hanif Tupen.

Kegiatan ini diikuti oleh Wadanyonzipur 19/YKN Mayor Czi Azef Cutla Mambulo, para Perwira Yonzipur 19/YKN, Ketua Persit KCK Cabang LXXIII Yonzipur 19 PD XIII/Merdeka Ny Rattih Hanif Tupen, Wakil Ketua Persit KCK Cabang LXXIII Yonzipur 19 PD XIII/Merdeka Ny Azef Cutla Mambulo dan para Pengurus Persit KCK Cabang LXXIII Yonzipur 19 PD XIII/Merdeka.

Baca Juga:  Disaksikan Gubernur Sulut, Pemkab Minut Bersama BSG Launching Ekosistem Pembiayaan Bohusami Ba Pasiar Dan Ba Tibo

(***/Reginannlhy)

 

Pos terkait