Peringati Hari Juang TNI AD ke-77, Kodam Merdeka Gelar Bakti Sosial dan Doa Bersama

Manado – Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI Angkatan Darat (HJK) ke-77 tahun 2022, Kodam XIII/Merdeka melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Doa bersama, Rabu (14/12/2022) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat (HJK) ke-77 tahun 2022 mengusung tema ” TNI Angkatan Darat Di Hati Rakyat ” tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan dilaksanakan secara serentak se-Indonesia melalui Video Conference (Vicon).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Theodorus Kawatu, para Staf Ahli Pangdam XIII/Merdeka, Karumkit RS R.W. Mongisidi Kolonel Ckm dr.I Gede Putu Arsana, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Daniel Lalawi, para Asisten Kasdam dan Kabalak serta Pamen dan Pama Kodam XIII/Merdeka serta para pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka dan jajaran.

Baca Juga:  Meriahkan Nataru Dandim Bitung Letkol Yoki Efriandi Bagikan Bingkisan Natal untuk Prajurit dan PNS

Pada kegiatan ini dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya, donor darah, sunatan massal, dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Pelaksanaan donor darah diikuti oleh para prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka serta Persit KCK PD XIII/Merdeka dan jajaran.

Kegiatan sunatan massal diikuti sebanyak 30 anak dari Kodim 1309/Manado dan santunan anak yatim piatu diberikan kepada 30 anak yatim piatu yang terdiri dari 15 anak dari panti asuhan Bala Keselamatan dan 15 anak dari panti asuhan Ar Rahmah.

Pada kesempatan tersebut doa bersama sesuai dengan keyakinan masing masing dipimpin oleh untuk Kristen Katholik Letda Czi Jemy Tindas, Kristen Protestan Pdt Israel Nelwan, Hindu Kapten Cpm Nyoman dan Islam Serda Iwan Koabot.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya mengatakan bhakti sosial dan doa bersama ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur dan penghormatan kepada para pahlawan serta untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI Angkatan Darat pada peristiwa pertempuran Palagan Ambarawa yang diperingati sebagai Hari Juang TNI Angkatan Darat.

Baca Juga:  Korem 131/Santiago Gelar Upacara Sumpah Pemuda ke-94 "Bersatu Bangun Bangsa"

” Peristiwa Palagan Ambarawa pada 15 Desember 1945 dipilih sebagai momen Hari Juang TNI Angkatan Darat bukan hanya didasarkan pada kemenangan para pejuang saat itu, tapi peristiwa Palagan Ambarawa merefleksikan betapa pentingnya berjuang dengan seluruh komponen ,” kata Kasad.

Dikatakan Kasad, kegiatan ini juga untuk mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan di tahun 2022, dan kita doakan semoga diberkati oleh Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa sehingga apa yang sudah kita lakukan oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Darat akan mendapat rahmat dan hidayah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

” Doa ini juga untuk keselamatan bangsa dan negara kita, kedepannya TNI Angkatan Darat akan lebih maju sukses dan selalu di hati rakyat. Saya sebagai pimpinan TNI Angkatan Darat mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Darat atas kerjasama dan jerih payahnya untuk membantu masyarakat ,” ujar Dudung.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh mengatakan bahwa, kegiatan Bakti Sosial ini dalam rangka untuk memperingati Hari Juang TNI Angkatan Darat, dan diharapkan dapat melestarikan tradisi kejuangan keprajuritan, memantapkan kemanunggalan TNI Angkatan Darat dengan rakyat, guna mewujudkan TNI AD yang kuat dan dicintai oleh rakyat.

Baca Juga:  Uraaa!! Satya Tama Juara Turnamen Sepakbola Piala Pangdam

” Saya berharap kegiatan bakti sosial seperti sekarang ini tidak berhenti hanya sampai di sini saja, tetapi harus terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat bagi warga masyarakat di lingkungan markas satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka, baik untuk membantu warga prasejahtera atau kurang mampu serta membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, maupun untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat ,” ungkap Pangdam.

(Regina)

Pos terkait