Kolonel Venry Rorintulus Pimpin Rapat Evaluasi Pencapaian Program Kerja dan Anggaran Bidang Teritorial Kodam Merdeka

Manado – Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Marthen Venry Rorintulus didampingi Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Kasrem 131/Santiago Kolonel Kav Dani Hermawan, memimpin Rapat Evaluasi Program Kerja (Progja) dan Anggaran Kodam XIII/Merdeka TA 2022 bidang Teritorial, yang mengusung tema ” Mewujudkan Optimalisasi Pembinaan Teritorial TNI Angkatan Darat (TNI AD) “, Selasa (20/12/2022) di ruang Yudha Makodam XIII/Merdeka.

Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Marthen Venry Rorintulus dalam sambutannya mengatakan rapat evaluasi ini merupakan forum komunikasi para penyelenggara bidang Teritorial yang ada di jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Bacaan Lainnya

” Melalui rapat evaluasi ini kita akan membahas sejumlah agenda penting dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja pembinaan Teritorial Kodam XIII/Merdeka ,” kata Aster.

Disampaikan mantan Dandim 0414/Belitung, bahwa tujuan dilaksanakan rapat ini adalah untuk memperbaiki kinerja guna mencapai hasil yang lebih optimal di kemudian hari. Hasil dari evaluasi ini selanjutnya akan digunakan untuk peningkatan pelaksanaan program kerja dan anggaran bidang Teritorial pada tahun 2023.

Baca Juga:  Kodam Merdeka Gelar Lomba Adu Ketangkasan Prajurit

Selain itu, rapat ini juga untuk mengevaluasi kinerja dan pencapaian di bagian pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dan Satuan Non Komando Kewilayahan (Satnonkowil). Serta untuk menambah motivasi dan mengetahui hambatan atau rintangan apa saja yang berpotensi menyebabkan kurang optimalnya satuan satuan dalam melaksanakan kegiatan teritorial, dan juga sebagai sarana komunikasi antara pengampu kebijakan dengan pelaksana dilapangan dan antar sesama apter baik Satkowil maupun Satnonkowil.

Dijelaskannya, keberhasilan TNI menjadi lembaga terpercaya di Indonesia tidak terlepas dari peran aparat teritorial salah satunya adalah Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) TNI Angkatan Darat, diantaranya melalui kegiatan TMMD, membantu penanganan Covid-19, membantu penanganan bencana, TNI AD Manunggal Air, membantu pencegahan stunting dan masih banyak lagi aksi nyata yang dilakukan Aparat Teritorial (Apter) di seluruh Indonesia dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat disekitarnya.

” Saya berpesan kepada semua peserta forum rapat ini agar masing masing mampu memberikan kontribusi besar dalam upaya meningkatkan sinergitas kita pada pelaksanaan pembinaan teritorial dan juga dapat mengidentifikasi berbagai peluang serta tantangan yang akan dihadapi kedepan ,” ujar Pamen Almamater Akmil 1996.

Baca Juga:  Memperingati HUT ke-2, Yonzipur 19/YKN Ziarah ke TMP Manado

Dalam rapat tersebut dihadirkan para pemapar antara lain Pabanda Puanter Sterdam XIII/Merdeka Mayor Inf Dadan Sopian Mayor, Pabanda Komsos Sterdam XIII/Merdeka Mayor Arm Reynold C. Siregar, Pabandya Komsos Sterdam XIII/Merdeka Letkol Inf I Komang Suarsa, Pabandya Wanwil Sterdam XIII/Merdeka Letkol Inf Sofyan Bayu Aji, Pabandya Bakti TNI Sterdam XIII/Merdeka Letkol Inf Jenris Yulmas Vinas dan Pabandya Puanter Sterdam XIII/Merdeka Letkol Inf Fahmil Harris.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasiter Rindam XIII/Merdeka, para Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) dan Batih jajaran Kodam XIII/Merdeka serta para Perwira Balakdam dan Deninteldam XIII/Merdeka serta Perwira Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam XIII/Merdeka.

(Reginannlhy)

 

Pos terkait