Sebelum Dapat 2 Brevet Kehormatan Korps Baret Hitam Kavaleri, Pangdam Denny Tuejeh Unjuk Kemampuan Mengemudikan Ranpur

Manado – Berperan mendukung kemajuan satuan Kavaleri TNI Angkatan Darat, Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh menerima Brevet Kehormatan Yudha Turangga Wiratama dan Yudha Wastu Wiratama dari Danpussenkav Kodiklatad, Kamis (12/1/2023) di Kompi Kavaleri 10/Manguni Setia Cakti.

Penganugerahan brevet mengemudi kendaraan tempur tersebut disematkan oleh Dankikav 10/Manguni Setia Cakti Lettu Kav Eka Syarif Hidayat mewakili Danpussenkav Kodiklatad Mayjen TNI Yanuar Adil.

Bacaan Lainnya

Sebelum dinobatkan sebagai warga kehormatan Korps Kavaleri, terlebih dahulu Jenderal Bintang Dua tersebut beserta Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Theodorus Kawatu bersama 24 Pejabat Kodam XIII/Merdeka mengikuti latihan teori tata cara mengemudi yang dipaparkan oleh Danton 3 Letda Kav Baeny Iqdandi Senaroja. Kemudian praktek lapangan dengan menjajal kendaraan tempur (Ranpur) Panser 6X6 Anoa 2 sambil mengililingi markas Kompi Kavaleri 10/Manguni Setia Cakti yang dipandu oleh para sopir kendaraan Anoa lapis baja yang profesional.

Baca Juga:  Penatua Caroll Senduk: Selamat Atas Pelaksanaan SMST ke- 35

Pangdam XIII/Merdeka menyampaikan ucapan terimakasih kepada Danpussenkav Kodiklatad melalui Dankikav 10/MSC atas pemberian dan penyematan brevet kehormatan kepada dirinya.

“Saya ucapkan terimakasih dan rasa bangga, ini merupakan satu kehormatan dan penghargaan, apresiasi dari Pussenkav, saya diberi kehormatan oleh warga Korps Kavaleri dengan pertimbangan mungkin karena saya selaku Pangdam dengan pejabat utama yang ada kita ikut melakukan pembinaan terhadap satuan Kavaleri yang ada di wilayah Kodam XIII/Merdeka,” ungkap Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh

Dengan diterimanya Pangdam XIII/Merdeka dan para Pejabat Teras Kodam XIII/Merdeka sebagai warga kehormatan Kavaleri, ia mengaku disamping tugas tugas secara spritual yang kami lakukan tentunya kami secara pribadi juga sudah mempunyai tanggungjawab terhadap pembinaan dan pengembangan Korps Kavaleri khususnya satuan Kompi Kavaleri 10/Manguni Setia Cakti.

Sementara itu Dankikav 10/MSC Lettu Kav Eka Syarif Hidayat kepada Manadonews.co.id mengatakan bahwa kedua Brevet yang disematkan kepada Pangdam XIII/Merdeka dan para Pejabat Teras Kodam XIII/Merdeka merupakan Brevet khusus Korps Kavaleri.

Dijelaskannya, Brevet Yudha Wastu Wiratama memiliki makna bahwa prajurit Kavaleri bertempur menggunakan Ranpur sebagai alat utamanya dengan memegang teguh kesetiaan, ketaatan dan berani bertanggungjawab atas segala tindakannya, serta tetap menegakkan rasa kemanusiaan dalam menjunjung nama satuan dan kehormatan Korps Kavaleri.

Baca Juga:  Ini yang Disampaikan Dandim Ircham Effendy pada Rakor Regsosek 2022 di Kabupaten Minahasa

“Brevet Yudha Turangga Wiratama mengandung makna bahwa setiap prajurit Kavaleri harus mampu bertempur untuk mencari, mendekati mengendalikan berbagai jenis kuda dan menghancurkan musuh yang dihadapi dengan menggunakan kuda,” ujar Lettu Kav Eka Syarif Hidayat.

(Reginannlhy)

 

Pos terkait