Sebaiknya Anda Tahu Gejala Awal Dispepsia atau Sakit Maag

Manado – Mengawali kegiatan edukasi kesehatan di awal tahun Jumat, 20 Januari 2023, Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran (IPKRS) RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado yang di komandoi oleh dr. Sekplin Sekeon, Sp.N, MPH memulai dengan Judul Dispepsia oleh Narasumber dr. Luciana Sophie Mariana Rotty, Sp.PD, Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi.

Kegiatan yang dipusatkan diruang tunggu pasien poliklinik bedah, diikuti oleh semua pasien dan keluarga pasien yang sedang menunggu antrian untuk berobat. Dr. Luciana yang juga sebagai Kepala Instalasi Poliklinik Eksekutif dan Wakil Kepala Satuan Pemeriksa Internal RSUP Kandou memaparkan materi mengenai Dispepsia atau mungkin yang lebih kita kenal dengan sakit Maag.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan bahwa gejala sakit Dispepsia merupakan keluhan yang banyak ditemukan di dalam masyarakat. Dispepsia bukan nama penyakit namun sindroma (sekumpulan gejala penyakit).

Definisi dispepsia adalah nyeri atau rasa tidak nyaman terutama pada perut bagian atas, di mana keluhan meliputi mual, muntah, kembung, cepet kenyang, rasa penuh? Regurgitasi dan rasa panas di dada. Dikatakan pula tanda alarm ; penurunan berat badan yang tidak diinginkan, sulit menelan yangvprogresif, muntah berulang, perdarahan saluran cerna, anemia, adanya benjolan di daerah perut, riwayat keluarga dengan kanker, dispepsia yang baru terjadi pada umur >45 tahun Adapun klasifikasi dispepsia ada 2, dispepsia fungsional dan dispepsia organik.

Baca Juga:  Ivonne Rotty Harap Peserta Didik Wujudkan Mutu Pelayanan Sesuai Standar

Dispepsia fungsional adalah dispepsia tanpa adanya gangguan organ, dispepsia organik adalah dispepsia dengan gangguan organ misalnya tukak lambung, infeksi helicobacter pylori, kanker lambung, kanker hati, batu empedu dan lain sebagainya.

“Dispepsia yang paling banyak ditemukan dalam masyarakat adalah dispepsia fungsional (sekitar 70%). Dispepsia yang sudah berlangsung lama apalagi disertai dengan tanda alarm harus diinvestigasi lebih lanjut yaitu dengan pemeriksaan endoskopi gastrointestinal, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan pencitraan untuk mengetahui apakah terdapat kelainan organik,” jelas dr. Luciana.

Begitu antusias dan semangatnya para pengunjung rumah sakit mengikuti materi yang disampaikan oleh dr. Luciana, usai penyampaian materi langsung dilontarkan dengan beberapa pertanyaan seputar Dispepsia oleh keluarga pasien dan pasien yang mengikuti edukasi tersebut. Dan langsung dijawab satu persatu oleh dr. Luciana sembari memotivasi kepada semua yang berada diruang tunggu untuk , tetaplah berprilaku hidup bersih dan Sehat, Dan sebagai bentuk apresiasi dari Instalasi Promkes maka kepada Narasumber diberikan Sertifikat termasuk juga pemberian gimik berupan handsanitaiser dan Masker kepada pasien dan keluarga pasien yang sudah memberikan pertanyaan kepada narasumber dalam sesi tanya jawab.

Baca Juga:  "Covid-19 telah Memporak-porandakan Dunia, tapi Tuhan selalu beserta Kita"

Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih oleh kepala Instalasi Promkes mewakili manajemen kepada semua yang hadir termasuk kepada poliklinik bedah yang ikut membantu dalam setiap kegiatan edukasi di RSUP Kandou Manado.

(***/BenyaminAlfonso)

 

Pos terkait