Sandra Rondonuwu Dorong Pemerintah Bantu Petani Tanam Pohon Seho

Sandra Rondonuwu (Foto Istimewa)

Manado – Cap tikus adalah minuman tradisional hasil olahan dari pohon seho merupakan produk asli Minahasa.

Tak dipungkiri minuman cap tikus memberikan dampak ekonomi sangat besar bagi masyarakat Sulawesi Utara terutama para petani.

Bacaan Lainnya

Ketua Komisi 2 DPRD Sulut, Sandra Rondonuwu, meminta pemerintah provinsi melalui dinas perkebunan dan kehutanan berkontribusi melalui penanaman pohon seho untuk meningkatkan produksi cap tikus maupun gula merah yang merupakan hasil olahan dari pohon seho.

“Kita tidak perlu tanam pohon lain pak di Sulut, kita tanam saja pohon seho! Itu sudah membuat perekonomian kita menjadi lebih baik, dan putaran miliaran bahkan triliunan di Sulawesi Utara jika kita hitung secara tepat,” jelas Sandra Rondonuwu pada rapat dengar pendapat di DPRD Sulut, Senin (6/3/2023).

Dia menambahkan, sebagai minuman tradisional diperlukan campur tangan pemerintah menjadikan cap tikus minuman moderen yang bernilai ekonomi tinggi.

Baca Juga:  Bedah Buku Budaya Minum Berlangsung Menarik, Hadirkan Berbagai Pembicara

“Tinggal cara berpikir kita ke depan, ini captikus torang buat seperti apa, dibranding seperti apa, dibikin rasa seperti apa, ini kan tergantung,” tukas Sandra Rondonuwu yang akrab disapa Saron ini. (***/Jrp)

 

Pos terkait