Uncategorized

Prajurit Balak Kodam Merdeka Asah Kemampuan Menembak

Manado – Prajurit Kodam XIII/Merdeka dari kesatuan Badan Pelaksana Kodam (Balakdam) XIII/Merdeka yang sehari hari sebagai satuan pelaksana yang berkecimpung dibidang administrasi melaksanakan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) dan pistol Triwulan I tahun 2023, Senin (13/3/2023) di lapangan tembak Kiban Yonif Raider 712/Wiratama Paniki Bawah, Manado.

Sebanyak 3 kesatuan Balakdam XIII/Merdeka yang terdiri dari Ajendam XIII/Merdeka, Pendam XIII/Merdeka dan Bintaljarahdam XIII/Merdeka melaksanakan menembak senjata laras panjang SS1 dengan jarak 100 meter menggunakan sikap tiarap dan Pistol FN jarak 15 meter dengan sikap berdiri kedua tangan menggenggam.

Kapendam XIII/Merdeka Letkol Arm Beny Hendra Suwardi, S.Sos. M.A.P, mengatakan bahwa setiap prajurit TNI harus memilki beberapa kemampuan dasar kemiliteran dalam mendukung tercapainya pelaksanaan tugas salah satunya yaitu kemampuan menembak. Selain itu juga kegiatan ini sebagai salah satu pembinaan satuan yang sudah terprogramkan dari Komando Atas khususnya bidang latihan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit secara optimal. Walaupun bukan dari Satuan Tempur (Satpur) dan Bantuan Tempur (Banpur) akan tetapi kemampuan menembak adalah hal yang mutlak dimiliki oleh setiap prajurit,” ujar mantan Kabag Doktrin Subditbindok Turjuk Sdirsismet Pusterad.

Dikatakan mantan Dandim 0830/Surabaya Utara bahwa kegiatan latihan menembak senjata ringan dan pistol satuan gabungan ini sebagai salah satu program latihan yang harus dilaksanakan dengan tujuan memelihara serta meningkatkan kemampuan menembak setiap prajurit baik Perwira, Bintara dan Tamtama.

“Diharapkan kepada semua prajurit yang melaksanakan latihan menembak agar disiplin mengikuti arahan petunjuk ketentuan yang disampaikan penyelenggara, agar latihan mencapai sasaran yang diinginkan,” pungkas mantan Danyonarmed 15/Cailendra.

(***/Reginannlhy)

 

Exit mobile version