Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaDaerahKesehatanNusa UtaraPemerintahanSangiheSulawesi Utara

Hebat!! Satu-Satunya di Sulawesi Utara GRAK BERACTING Terobosan Julian Pesik dapat Apresiasi Satgas Stunting Provinsi Sulut

×

Hebat!! Satu-Satunya di Sulawesi Utara GRAK BERACTING Terobosan Julian Pesik dapat Apresiasi Satgas Stunting Provinsi Sulut

Sebarkan artikel ini
GRAK BERACTING
Camat Manganitu Julian Pesik SSTP bersama Murphy Kuhu, SST

Tahuna, MANADONEWS.CO.ID – Program GRAK BERACTING (Gerakan Bersama Cegah Atasi Stunting) Kecamatan Manganitu mendapatkan Apresiasi dalam pelaksanaan Rembuk Stunting Kabupaten Kepulauan Sangihe Tahun 2023.

Apresiasi tersebut di sampaikan oleh Satgas Stunting Provinsi Sulawesi Utara, Murphy Kuhu, SST.

MANTOS MANTOS

Murphy menyampaikan GRAK BERACTING patut di apresiasi karena ini merupakan Inovasi Kecamatan dan satu-satunya di Provinsi Sulawesi Utara.

“Kami sudah keliling beberapa kecamatan di Wilayah Sulawesi Utara dan belum ada yang seperti ini, sekali lagi ini adalah inovasi Kecamatan dalam rangka Penanganan Stunting. Nanti pak Kadis KB Inovasi ini di catat dan di sampaikan pada Laporan Kabupaten untuk Evaluasi,” ujar Kuhu.

Sebagaimana di ketahui Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe melalui Dinas PP dan KB melaksanakan Rembuk Stunting Senin (17/04/2023).

Camat Manganitu Julian Pesik SSTP menuturkan bahwasanya GRAK BERACTING adalah Program inovasi sebagai wujud perhatian terhadap Kasus Stunting.

“Kita harus menseriusi hal ini dan tentunya tak akan berhasil tanpa ada dukungan Lintas sektor,” jelasnya di Pendopo Rumah Jabatan Bupati.

Lebih lanjut, di katakan Camat pencetus Pentas Seni Budaya Maobungang ini semua tidak akan ada artinya ketika pencanangan tanpa di sertai aksi nyata.

“Apalah artinya jika hanya sebatas pencanangan tanpa ada gerakan nyata dan dampak penurunan angka stunting,” kata Pesik.

Oleh karena itu, semua elemen harus bergandengan tangan menjadi garda terdepan dalam mengatasi Stunting.

“Kita harus bergerak bersama dan bersama bergerak, saya mengajak dan mendorong bukan hanya peran dari pemerintah, Puskesmas, Kader, pemerintah kampung tapi semua lintas sektor bergerak termasuk pihak gereja,” ajaknya.

Dalam mensukeskan inovasi tersebut ia terus melakukan upaya dengan membangun komunikasi dengan para pengurus gereja.

“Kami sudah membangun Komunikasi melalui Pengurus Gereja dan sudah di canangkan bulan desember 2022, syukur sudah mendapat Respon yang baik, karena beberapa Jemaat telah menjabarkan kedalam Program Jemaat tahun 2023,” pungkasnya sembari menambahkan inovasi tersebut tidak lain adalah bentuk dukungan atas program Penjabat Bupati dr Rinny Tamuntuan.

Rembuk Stunting di buka langsung oleh Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan dan di hadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara, Forkopimca, Perangkat Daerah, Kepala Instansi Vertikal, Para Camat, Kepala Puskesmas, Perwakilan Kapitalaung, dan Undangan Lainnya. (RikoTakaonselang)

 

Example 120x600