BeritaBerita TerbaruBerita UtamaTalaud

Danrem Santiago Roadshow Kunjungan Kerja dan Bakti Sosial di Kodim Talaud

TALAUD,MANADONEWS.CO.ID– Kehadiran Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono yang didampingi Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Ning Untari Wakhyono berada di Kabupaten Kepulauan Talaud dalam rangkaian roadshow kunjungan kerja.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem yang didampingi Bupati Kepulauan Talaud Elly Lasut mengunjungi pulau terluar Kabaruan dan bertatap muka dengan masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan, Sabtu (5/8/2023).

Dari Melonguane, Danrem bersama Bupati Talaud dan rombongan menyeberang dengan menggunakan perahu jenis Speed Boat menuju pulau Kabaruan dan langsung di sambut secara adat oleh tokoh adat Kabaruan.

Ada beberapa kegiatan Danrem 131/Santiago dalam kunjungan kerja ke pulau terluar tersebut salah satunya mengunjungi markas Koramil 1312-01/Kabaruan.  

Pada kesempatan itu pula Brigjen TNI Wakhyono bersama Bupati Kepulauan Talaud Elly Lasut memberikan paket bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat penerima bantuan sosial di Kecamatan Kabarauan.

Tak hanya meninjau jajarannya yang bertugas di perbatasan Indonesia dengan negara Philipina itu saja, mantan Aster Kasdam V/Brawijaya tersebut juga mengunjungi dan melakukan pengecekan serta memberikan arahan dan motivasi kepada Satgas Pamputer Yonif 714/Sintuwu Maroso di Posad Damau Pamputer Pulau Kabaruan.

Dalam wawancaranya, Danrem Wakhyono mengatakan kegiatan peninjauan ini dilaksanakan sebagai bentuk silaturahmi dan kepedulian pimpinan kepada personel TNI yang sedang melaksanakan penugasan pengamanan pulau terluar demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta masyarakat yang tinggal di perbatasan dan melihat langsung bagaimana situasi yang ada di pulau terluar dan perbatasan ini.

“Saya sudah melihat secara langsung kondisi pos yang ada di Kabaruan ini kondisi pos luar biasa sangat bagus dan sangat layak untuk dikatakan pos Pam pulau terluar khususnya di Kabaruan ini, dengan fasilitas yang ada sudah standar memenuhi syarat semuanya, kemudian fasilitas yang ada termasuk dukungan dari pemerintah daerah yang ada sungguh luar biasa yang khususnya jalan sudah bagus.

Nantinya rencana Bupati untuk menyempurnakan jalan seputaran Kabaruan nanti imbasnya ini akan lebih bagus lagi yang jelas dengan jalan yang bagus untuk mobilisasi termasuk patroli dari pos juga akan lebih gampang melihat posisi posisi wilayah ini yang kira kira perlu ditinjau atau diamankan,” ujar Brigjen TNI Wakhyono.

“Saya juga sudah melihat moril dari pasukan sendiri morilnya luar biasa mereka senang bahagia dengan lingkungannya seperti ini apalagi masyarakat nya yang disini sangat kondusif dan mendukung dengan keberadaan pos yang ada di Kabaruan ini,” tambahnya.

Sebagai bentuk perhatian pimpinan serta ungkapan rasa bangga kepada personel Satgas Pamputer Yonif 714/Sintuwu Maroso di Posad Damau Pamputer Pulau Kabaruan yang sedang melaksanakan penugasan, Komandan Korem 131/Santiago memberikan paket sembako.

Sementara itu, dalam arahannya Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono selaku Dankolakops Satgas Pamputer Yonif 714/Sintuwu Maroso kepada Satgas Pamputer Yonif 714/Sintuwu Maroso mengatakan tugas operasi adalah tugas mulia dan kehadiran Satgas Pamputer disini bukan untuk menimbulkan masalah, tetapi kehadiran kita untuk membuat masyarakat merasa aman dan nyaman. Lakukan koordinasi yang baik dengan berbagai unsur, hiduplah dengan rendah hati dan saling membantu jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun dalam melaksanakan tugas.

“Ini adalah kebanggaan, tugas kita adalah tugas negara dan kalian adalah wakil TNI menjaga pulau perbatasan dan terluar ini. Untuk itu kepada seluruh prajurit yang berada di Posad Pamputer Kabaruan, jadilah pelindung dari setiap ancaman yang akan datang dari orang orang asing yang masuk tanpa ijin, merusak dan mengancam keutuhan wilayah NKRI terlebih khusus di pulau terluar Kabaruan,” ungkap Danrem.

Diakhir arahannya Danrem mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Kepulauan Talaud dan masyarakat.

“Saya selaku Komandan Korem 131/Santiago sangat berterima kasih kepada seluruh instansi terkait dan masyarakat yang berada di pulau Kabaruan karena personil Satgas Pamputer Kabaruan bisa bergaul dan terlebih di terima oleh seluruh masyarakat yang berada di pulau Kabaruan,” ujar Danrem.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kepulauan Talaud Elly Lasut memberikan apresiasi kepada Komandan Korem 131/Santiago atas kunjungan kerja yang dilaksanakan guna melihat masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan pulau terluar dan juga bisa mengetahui kondisi pulau terluar yang ada di wilayah Kepulauan Talaud. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sembako kepada masyarakat yang tinggal di perbatasan.

“Kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi dengan masyarakat yang tinggal di pulau terluar dan sekaligus melakukan pengecekan kondisi pulau terluar,” ujar Bupati.

Sebelumnya kunjungan kerja Danrem 131/Santiago diawali dengan memberikan pengarahan kepada anggota Kodim 1312/Talaud dan Persit KCK Cabang LXVIII Dim 1312 Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka, dimana kehadiran Danrem yang didampingi Asops Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Sarwo Supriyo, Kasiops Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, Kasilog Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Novi Herdian dan Wakil Ketua Persit KCK Koorcabrem 131/Santiago Ny Feninda Yarnedi Mulyadi untuk mengetahui dan melihat secara langsung kondisi satuan dan hal menonjol dari segi keamanan wilayah.

Kedatangan orang nomor satu di jajaran Korem 131/Santiago di Markas Kodim 1312/Talaud, Jumat (4/8/2023) disambut langsung oleh Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Sigfried Panaha dan Ketua Persit KCK Cabang LXVIII Dim 1312 Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Jois Panaha beserta para pejabat teras Kodim 1312/Talaud.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kapolres Talaud Akbp Mohamad Chaidir, Kadis Pariwisata Leida Dahlan, Kaban perbatasan Kabupaten Kepulauan Talaud Fammy Unsong, Kadis Kominfo Kabupaten Kepulauan Talaud Stella Bentian, DP3AMP Kabupaten Kepulauan Talaud Stevenheiner Maarisit, Camat Kabaruan Lydia S Tumalang, Camat Damau Hendri Tarumingi, Pasiintel Kodim 1312/Talaud Kapten Inf Alvian Taengetan dan Pasiops Kodim 1312/Talaud Lettu Inf Rudolf Maariwut.(Regwilnnlhy)

Exit mobile version