Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaTomohon

Wali Kota Caroll Senduk Sebut Minimnya Pengetahuan Tata Kelola Keuangan Berdampak Gagalnya UMKM

×

Wali Kota Caroll Senduk Sebut Minimnya Pengetahuan Tata Kelola Keuangan Berdampak Gagalnya UMKM

Sebarkan artikel ini

TOMOHON, MANADONEWS.CO.ID – Wali Kota Tomohon Caroll J. A. Senduk SH diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakot Dra. Lily Solang MM, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Edukasi Keuangan bagi UMKM Penunjang Sektor Pariwisata di Kota Tomohon, bertempat di GOR Babe Palar Kota Tomohon, Senin (14/8/2023).

Wali Kota Tomohon dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan menuturkan pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada pimpinan otoritas jasa keuangan (OJK) perwakilan Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara yang telah menggagas dan memfasilitasi kegiatan ini serta seluruh peserta yang telah hadir dalam kegiatan edukasi keuangan.

MANTOS MANTOS

“Kota Tomohon merupakan kota kecil yang memiliki kontribusi yang nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di sulawesi utara. Berada pada posisi strategis sebagai jalur lintasan kabupaten/kota (Minahasa, Manado, Minahasa Tenggara), hal ini sangat membantu Kota Tomohon dalam pengembangan pariwisata, pertanian, jasa perindustrian dan perdagangan. Hal itu mendorong pertumbuhan UMKM di Kota Tomohon,” ujar Wali Kota.

Baca Juga:  Kahubdam XIII/Merdeka Serahkan Tugas Dandenhubdam XIII/Merdeka dan Dandenhubrem 133/Nani Wartabone

Disebutkan Wali Kota Caroll Senduk, saat ini tercatat ada 13.281 UMKM di Dinas Koperasi Kota Tomohon.

Lanjutnya. dalam melakukan pembinaan Pemkot Tomohon masih perlu membangun kerjasama dengan berbagai pihak baik swasta maupun instansi pemerintah.

“Kegiatan saat ini merupakan kolaborasi antara Pemkot Tomohon dengan OJK perwakilan Sulawesi Utara,” ucapnya.

Kegiatan edukasi keuangan sangan dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk peningkatan sdm di era industri 4.0. industri 4.0 mengacu pada revolusi industri keempat yang sedang berlangsung saat ini.

Internet of things (IOT), robotika dan big data untuk mendirong produktifitas, efisiensi dan efektifitas dalam peningkatan berbagai sektor industri malalui optimalisasi proses dan quality control.

“Pengetahuan tata kelola keuangan bagi UMKM menjadi penting untuk pengembangan usaha, sebaliknya minimnya pengetahuan pelaku UMKM dapat berakibat pada gagalnya usaha,” tukas Wali Kota.

Imbuhnya, momentum TIFF 2023 menjadi lebih berkwalitas dengan dilaksanakannya kegiatan kegiatan edukasi keuangan oleh OJK.

Baca Juga:  Terkait Pilkada Manado, DPW Perindo Sulut akan Laporkan Dugaan Pencemaran Nama Baik

“Pemerintah berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikuti dengan baik serta apa yang dipelajari di tempat ini mampu mendorong para perta untuk lebih berinovasi dalam mengembangkan usahanya,” tandasnya.

Wali Kota menyampaiakan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dan berkolaborasi bersama Pemkot Tomohondalam kegiatan ini.

“Kerja keras dan kolaborasi kita semua pasti mampu mendorong tercapainya Kota Tomohon yang maju berdaya saing dan sejahtera,” terangnya.

Turut hadir Kepala OJK Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara Winter Marbun, Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk- Karundeng selaku Ketua Dekranasda Kota Tomohon, Direktur Utama PT. BPR Dana Raya Dave Pinontoan, Group Head Operasional PT. Bank Sulutgo Linda Moniaga, Kepala Cabang PT. Bank Sulutgo Tomohon Jein Arina bersama jajaran, Jajaran Pemkot Tomohon, para peserta dan hadirin undangan.

Example 120x600