Berita TerbaruBerita UtamaBudayaManadoPendidikan

Menyentuh! Iringi Lagu Nasional Saat HUT Kemerdekaan SMK Xaverius Manado Gunakan Musik Kolintang

MANADO, MANADONEWS.CO.ID – Banyak cara ditampilkan guna memeriahkan sekaligus menyelami momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Dan SMK Xaverius Manado memilih Musik Kolintang sebagai jembatan pengenangan akan detik – detik proklamasi.

Saat momen HUT ke- 78 RI, Kamis (17/08/2023) para siswa SMK Xaverius Manado menggunakan iringan musik kolintang ketika menyanyikan lagu-lagu nasional dan itu terdengar saat menyentuh.

Kepala Sekolah SMK Xaverius Manado Michael Talangi SS, M.Pd, menyatakan upaya untuk memainkan musik kolintang pada upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI, adalah bagian dari menumbuhkan nilai nilai budaya siswa dan guru di sekolah akan pentingnya budaya seni di lingkungan sekolah.

“Proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dijadikan sebagai tonggak pembaruan kehidupan bangsa Indonesia di segala aspek kehidupan. Maka sebagaimana semangat kebangsaan yang cinta budaya, kami keluarga SMK Xaverius Manado berupaya untuk memajukan sekolah, anak didik dan terutama generasi muda secara luas untuk selalu memaknai setiap perjuangan bangsa melalui cara cara yang paling sederhana, antara lain melestarikan budaya,” urai Talangi.

Sebagaimana tema besar perayaan HUT ke-78 RI 2023 yakni “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” di tahun ini, kata Talangi, SMK Xaverius Manado juga memaknai itu dengan terus berupaya memajukan Indonesia melalui kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah.

Demikian juga, tema ini diambil dilaterbelakangi oleh fakta pencapaian Indonesia yang membawa Indonesia ke posisi menguntungkan dalam proses pembangunan negara.

“Untuk indonesia, kami siap semakin melaju..” pungkasnya.

Exit mobile version