Komandan Korem Tadulako Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI di Batalyon Raksatama

PALU,MANADONEWS.CO.IDBatalyon Infanteri 711/Raksatama terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kamis (5/10/2023).

Upacara ini merupakan puncak dari HUT TNI yang ke-78 tahun 2023, dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Tri Winarto.

Bacaan Lainnya

Amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Tri Winarto mengatakan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

“Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik,” kata Panglima TNI.

Dikatakannya, berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

Baca Juga:  Sidak BP2T, Wawali Manado Temukan Berkas Mengendap Lebih dari Sebulan

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditujukan selama ini,” ungkapnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,” ujar Yudo Margono.

Pada kesempatan itu Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-78 kepada TNI dan berharap agar TNI terus berkembang menjadi kekuatan yang lebih kuat, modern, dan maju dalam menjalankan peran pentingnya sebagai pengawal NKRI.

Baca Juga:  Infrastruktur dan Fasilitas Publik di Pasan Siap Ditingkatkan

“Khusus kepada Korem 132/Tadulako, saya berharap sinergi antara TNI, pemda, dan masyarakat terus berkembang dan terjaga dengan baik, menggarisbawahi pentingnya kerja sama dalam menjaga stabilitas dan keamanan wilayah,” ucap Rusdy Mastura.

Sementara itu Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho, mengungkapkan harapannya agar TNI semakin profesional dalam menjaga keutuhan NKRI, menjadikan peringatan ini sebagai momentum untuk terus memperkuat solidaritas dan kerja sama antarlembaga keamanan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho, Ketua DPRD Provinsi Sulut Nilam Sari, Kabinda Sulteng Brigjen TNI Arman Dahlan, Kajati Sulteng Agus Salim, Ka BNNP Sulteng Brigjen Pol Monang, Kasrem 132/Tadulako Kolonel Czi Bambang Pranowo, Dandim 1306/Kota Palu Kolonel Inf Endang Sumardi, Danlanal Palu Kolonel Laut (P) Agus Supriyo, para Kasi Kasrem 132/Tadulako, Danyonif 711/Raksatama Letkol Inf Andi Irsan, Bupati Sigi Iwan Lapata, Kapolres Palu Kombes Pol Barliansyah dan para tamu undangan. (Regwilnnlhy)

 

 

 

Pos terkait