Kabintaljarahdam Merdeka Hadiri Doa Bersama Lintas Agama di Taman Berkat Manado

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko yang diwakili Kabintaljarahdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Kabul Hikayat turut menghadiri doa bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Utara, Selasa (28/11/2023) di Taman Berkat Manado Jalan Piere Tendean Sario Utara, Kelurahan Sario Tumpaan, Kecamatan Sario Kota Manado.

Rangkaian doa bersama ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan doa lintas agama secara bergantian yang dipimpin masing masing tokoh agama, yakni Kristen Protestan, Kristen Katholik, Islam, Hindu, Budha dan Konghuchu.

Bacaan Lainnya

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulut karena telah menggagas dan menyiapkan kegiatan ini.

Baca Juga:  Kapuskodalops, Kasetum, Danyonzipur 19/YKN, Dandenintel dan Dandenzipur 15/SLM Berganti, Ini Pesan Pangdam Merdeka#

“Saya berikan apresiasi dan ucapan terima kasih serta penghargaan yang begitu indah kepada pengurus FKUB Provinsi Sulut karena telah menggagas dan inisiatif merencanakan dan menyiapkan segala sesuatunya sehingga kegiatan Doa bersama ini bisa terlaksana. Serta apresiasi juga kepada seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa dan pelajar serta seluruh elemen masyarakat yang sudah hadir di tempat ini, antar kita sesama walaupun berbeda kami merasakan keindahan, kerukunan dan kebersamaan di Sulut sangat indah,” ungkap Kapolda.

Setyo berharap kepada masyarakat Sulawesi Utara untuk terus mempertahankan kerukunan antar umat beragama.

“Mari kita pertahankan kerukunan antar umat beragama ini dan tidak mudah terprovokasi. Kami berharap masyarakat bijak untuk menggunakan sosial media serta mengintrospeksi diri kita untuk kembali ke keadaan semula,” ujarnya.

Kapolda juga mengajak Pemerintah dan semua elemen masyarakat untuk berkolaborasi bersama TNI dan Polri guna menjaga stabilitas kamtibmas sehingga dapat beraktifitas dengan aman.

“Kita ucapkan bersama sama Torang Samua Basudara,” ucap Kapolda diikuti oleh seluruh hadirin.

Baca Juga:  Kunker Presiden RI Jokowi di Talaud, Danrem Santiago Kendalikan Langsung Pengamanan VVIP

Sementara itu Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekprov Sulut Steve H.A.Kepel mengatakan bahwa dalam menghadapi situasi yang seperti sekarang ini saya berharap doa bersama ini akan menjadi langkah awal dalam memulihkan keadaan dan membawa perdamaian serta keadilan bagi seluruh warga Sulawesi Utara.

Selain itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara mengapresiasi kepada aparat keamanan dalam hal ini TNI-Polri yang telah bekerja keras untuk mengatasi situasi tersebut, semoga keberanian dan dedikasi mereka dapat menjadi landasan bagi terciptanya rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga Sulut.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi yang kondusif,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Kabintaljarahdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Kabul Hikayat mengatakan bahwa adanya keberagaman di Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Utara merupakan ciptaan Tuhan untuk tetap bersatu karena saling melengkapi dan memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya berharap kita bersama sama menjaga keberagaman kita, menjaga situasi kebangsaan dan kemasyarakatan kita sehingga menjadi lebih baik lagi. Sehingga tercipta kedamaian, kenyamanan dan tentunya sesuai dengan tujuan negara, terciptanya masyarakat yang adil, makmur, damai dan sejahtera,” ujar mantan Kasipers Kasrem 081/Dhirotsaha Jaya.

Baca Juga:  Kembalikan Pamor Kerukunan Sulut Lewat Peran FKUB

Kegiatan yang mengusung tema “Mari Ciptakan Kerukunan dan Situasi Kondusif di wilayah Provinsi Sulut, Torang Samua Basudara” tersebut dihadiri oleh Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan De Fretes, Asisten Lantamal Potensi Maritim Kolonel Pelaut Suryai, Kadisops Lanud Sri Manado Kolonel Pas Togap Marlon Siburian, Ketua FKUB Sulut Pdt Lucky Rumopa, Ketua MUI Sulut KH. Abd Wahab Abd Gafur, Pewakilan Ormas Adat Sulawesi Utara Novie Kolinug, para Tokoh Agama dan Tokoh Adat Sulawesi Utara serta perwakilan Siswa Siswi SMA se-Kota Manado. (Regwilnnlhy)

 

 

Pos terkait