Kesehatan

Jimmy Panelewen Pimpin RSUP Hasan Sadikin Bandung Studi Banding di RSUP Kandou

Manado – Manajemen Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin Bandung melakukan studi banding terkait unit penelitian klinik/ clinical research unit (CRU) di RSUP Prof Dr R D Kandou Manado, di aula lantai 2, Kamis (30/11/2023).

Kedatangan rombongan RSUP Hasan Sadikin dipimpin Direktur Utama (Dirut) Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD yang juga diketahui merupakan mantan Dirut RSUP Kandou.

Sementara kedatangan rombongan didampingi dengan antusias oleh Plt Dirut RSUP Kandou, Dr dr Ivonne Rotty MKes, didampingi Direktur Layanan Medik, dr Jehezkiel Panjaitan SH MARS,Sukanto Direktur Perencanaan dan Keuangan, Dr Erwin Sondang Siagian SSTP MSi, Direktur Layanan Operasional, dr Wega Sukanto SpBTKV, dan jajaran lainnya.

Adapun untuk materi CRU dalam kegiatan ini diberikan oleh Dr dr Eko Prasetyo SpBS (K-Onko) FAACT yang disebut kedua Dirut sebagai guru mereka.

Sementara menurut Dr Jimmy, dipilihnya RSUP Kandou sebagai lokasi studi banding CRU bukanlah keputusan dirinya, melainkan inisiatif dari jajarannya yang ingin melihat CRU di RSUP Kandou sebagai pembanding.

“Kita berharap apa yang didapatkan di sini bisa menjadi masukan untuk RSUP Hasan Sadikin,” katanya.

Dirinya juga mengapresiasi sambutan hangat dari jajaran RSUP Kandou Manado kepada rombongannya dalam melakukan studi banding tersebut.

“Saya merasa pulang ke rumah sendiri karena mempunyai hubungan emosional yang sangat erat. Saya lahir di sini, besar di sini, dibentuk di Rumah Sakit Kandou Manado, dan berkembang di sini,” pungkas Dirut Jimmy.

Di pihak lain, Dirut Ivonne Rotty menyambut baik kunjungan RSUP Hasan Sadikin dan menyebut kedatangan tamu yang luar biasa dari Bandung itu sebagai suatu penghargaan.

“Antusias teman-teman menyambut kedatangan rombongan RSUP Hasan Sadikin karena di dalamnya ada sosok yang sangat dibanggakan. Ini juga kebahagiaan bagi kami menerima tamu dari Bandung dan ke depan, kami yang akan studi ke sana,” kata dia.

Dr Ivonne juga berharap agar kegiatan ini menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu sehingga hubungan dua rumah sakit ini bisa terus terjaga seperti kakak adik.

“Kita berharap silaturahmi bisa berjalan dengan baik dan membangun sehingga dua rumah sakit ini ke depan menjadi yang dapat diandalkan,” pungkasnya.

Adapun tujuan dari Unit Penelitian Klinik, kata Dirut Ivonne, untuk meningkatkan jumlah penelitian klinik dan inovasi pada rumah sakit di Indonesia.

Selain itu, CRU untuk meningkatkan kemampuan sentra penelitian klinik Indonesia dan unit penelitian klinik dalam melaksanakan penelitian klinik sesuai standar Internasional.
Di sisi lain, kegiatan ini merupakan komitmen kolaboratif kedua pihak dalam pengembangan CRU di Indonesia.
Turut mendampingi Dirut RSUP Hasan Sadikin, yakni Direktur Perencanaan dan Keuangan, Herry Rukmana, Direktur Pendidikan dan Penelitian, dr Fitra Hergyana MH Kes SpDV MM, Staf Direksi RSHS, Ibu Nonon Saribanon SS MM, Ade Irma Rohima SE, dan Mulyana AmdKes.

(**/BenyaminAlfonso)

 

Exit mobile version