Djemmy Kumendong Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah dan Launching Sertfifikat Elektronik

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Penjabat Bupati  (Pj) Minahasa Dr Jemmy S. Kumendong M.Si, menghadiri acara penyerahan 200 sertifikat tanah dan peluncuran sertifikat tanah elektronik secara simbolis oleh Kanwil BPN Provinsi Sulut, bertempat di Benteng Moraya Tondano, Senin (04/12/2023), .

Dikatakan Pj Bupati Djemmy Kumendong penyerahan sertifikat sangat berguna bagi kepastian kepemilikan tanah masyarakat di Minahasa.

“Tentunya Pemerintah dan masyarakat menyambut positif hal ini, sembari berharap program kemudahan terkait status kepemilikan tanah dapat terus dilaksanakan dan manfaatnya bisa dirasakan langsung warga Sulut pada umumnya dan Minahasa khususnya,” ujar Bupati Kumendong.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Sulut Jaconias Walalayo SH MH, mengatakan kegiatan ini berlangsung serentak se- Indonesia kepada 2,05 juta kepada rakyat Indonesia oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Ini sebagai bukti kehadiran Negara bagi kepastian hukum masyarakat, termasuk bagi masyarakat Sulut,” ujar Jaconias seraya mengatakan juga diselenggarakan launching pendaftaran sertipikat elektronik.

“Jadi bisa dilakukan pengecekan sertipikat secara elektronik,” imbuhnya.

Khusus di Sulut, kata dia, sebanyak 50.224 bidang tanah tersebar di 14 kabupaten/kota Sulut.

Baca Juga:  Sekot Tomohon Buka Sosialisasi Perwako Sistim Pengelolaan Keuangan Dinkes

Lanjutnya, kesuksesan ini adalah bagian kerjasama dari segenap stakeholder, baik pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya.

“Untuk itu kami berterima kasih atas partisipasi dan keterlibatan di seluruh kantor Pertanahan se-Sulut. Terutama pemilik lahan,” urainya.

Dikatakannya persoalan saat ini pendaftaran tanah pertama kali butuh biaya BPAT dari masyarakat. Untuk itu akan dilakukan koordinasi bersama Pemerintah Daerah.

Kadis Perkimtan Sulut Ir Alex Wattimena MSi, mewakili Gubernur Sulut dalam sambutannya berharap penyerahan sertifikat ini bisa bermanfaat dan selanjutnya bagi tanah-tanah yang ada di Sulut bisa bersertifikasi.

“Program sertifikat tanah sangat membantu pengusaha kecil sebagai jaminan sehingga menunjang perekonomian dan mempercepat pembangunan,” ujarnya.

Setelah itu dilakukan penyerahan sertipikat secara simbolis kepada masyarakat pemilik dan penerima sertipikat tanah yang berasal dari Minahasa, Tomohon dan lainnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Kapolda, Kejaksaan dan DPRD, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Minahasa Dr Handry Rori SIT, M.Si beserta Kepala Kantor BPN kabupaten/kota beserta penerima sertifikat.

Pos terkait