Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManado

Kasdam Merdeka Belah Kelapa Muda di Tengah Upacara Hari Juang Infanteri ke-75

×

Kasdam Merdeka Belah Kelapa Muda di Tengah Upacara Hari Juang Infanteri ke-75

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto mewakili Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko memimpin upacara serta tradisi dalam rangka peringatan Hari Juang Infanteri ke-75 tahun 2023, dengan bertindak sebagai Komandan Upacara Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Selasa (19/12/2023) di Markas Batalyon Infanteri 712/Wiratama.

Pada upacara yang mengusung tema “Infanteri yang Profesional, Modern dan Dicintai Rakyat” tersebut, Kasdam XIII/Merdeka melakukan tradisi minum air dan membelah buah kelapa muda sebagai simbol perjuangan diiringi dengan tembakan yang dilakukan oleh pasukan tradisional atau pasukan Infanteri tempo dulu yang menggunakan pakaian dan persenjataan serba sederhana serta penandatanganan naskah serah terima simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya.

MANTOS MANTOS

Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto saat membacakan sambutan tertulis Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) Letjen TNI Anton Nugroho mengatakan, selaku Danpussenif dan pribadi mengucapkan selamat memperingati Hari Juang Infanteri ke-75 kepada segenap prajurit Korps Infanteri di manapun berada dan bertugas.

Disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian, keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan Infanteri hingga saat ini dalam mengharumkan nama baik Korps Infanteri dan mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.

Baca Juga:  Kodam Merdeka Siagakan Pasukan Tempur Jaga Nyawa Presiden RI Joko Widodo

“Hari Juang Infanteri adalah hari yang ditetapkan sebagai momentum bersejarah bagi Korps Infanteri yang terjadi saat perang kemerdekaan, dimana memiliki nilai historis yang tinggi,” kata Kasdam XIII/Merdeka.

Pada kesempatan itu, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto menyampaikan tentang sejarah perjalanan berdirinya Korps Infanteri.

“Salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi Agresi Militer Belanda ke-2 tanggal 19 Desember 1948 dengan keluarnya perintah kilat Panglima Besar Jenderal Soedirman nomor 1/PB/D/48 dalam menjalankan perintah siasat melaksanakan siasat pertempuran perang rakyat semesta melawan musuh dengan menggunakan taktik dan strategi prajurit Infanteri melalui aksi Wingate (garis pertahanan musuh) melaksanakan longmarch dan membentuk Wehrkreise (kantong kantong pertahanan) sebagai titik titik kuat perang gerilya,” ungkap Danrem 051/Wijayakarta.

Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto juga menegaskan bahwa Hari Juang Infanteri merupakan simbol kejayaan dan kemuliaan korps yang harus dijunjung tinggi. Korps Infanteri adalah korps yang terbesar di TNI Angkatan Darat. Namun demikian, dalam upaya memenangkan suatu pertempuran atau peperangan, Korps Infanteri harus bekerja sama dan bersinergi dengan semua kecabangan, karena setiap kecabangan memiliki peran masing masing dalam setiap pertempuran.

Baca Juga:  Selasa Depan Tim Banteng Sulut Meeting Khusus dengan Jabes Gaghana

Pada peringatan Hari Juang Infanteri ke-75 tahun ini mengambil tema “Infanteri yang Profesional, Modern dan Dicintai Rakyat”. Tema tersebut sangat tepat dan patut dijadikan penuntun dan arah bagi prajurit Korps Infanteri dalam mengemban tugas di masa yang akan datang.

“Tantangan tugas ke depan akan semakin kompleks dan dinamis dengan berubahnya karateristik bentuk ancaman. Respon dalam menyikapi hal tersebut maka pimpinan TNI AD melakukan transformasi dan modernisasi Alutsista yang telah direalisasikan secara bertahap terhadap satuan satuan Infanteri. Selain itu dengan melakukan revisi, reorganisasi doktrin, serta strategi dan taktik bertempur untuk memenangkan setiap pertempuran,” pungkas Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Kasi Korem 131/Santiago, Dansat Brimob Polda Sulut Kombes Pol Brury Soekotjo Adhyaksa Putro, Karo Ops Polda Sulut Kombes Pol Wawan Wirawan, Wadanlantamal VIII Manado Kolonel Marinir Mikaryo, Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Parlindungan Sirait, para Dandim jajaran Korem 131/Santiago, Kasatpol PP Provinsi Sulut Farly R. Kotambunan, para Danyon jajaran Kodam XIII/Merdeka dan tamu undangan. (Regwilnnlhy)

 

 

Example 120x600