Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManado

Jelang Nataru, Danrem Santiago Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2023

×

Jelang Nataru, Danrem Santiago Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2023

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.IDKomandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono menghadiri kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Samrat 2023 dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang dipimpin oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko bersama Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, Kamis (21/12/2023) di Markas Polda Sulut.

Pada kesempatan itu, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono menyampaikan bahwa, personel Korem 131/Santiago turut serta ambil bagian sebagai penebalan pasukan pengamanan dan melakukan patroli bersama dengan personel Polri dan dari instansi lainnya.

MANTOS MANTOS

“Jajaran Korem 131/Santiago juga ikut diterjunkan di berbagai pos pos pengamanan serta memantau wilayah dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ungkap Danrem Santiago.

Sementara itu, Kapolda Sulut mengatakan, selain menugaskan personel gabungan dalam Operasi Lilin Samrat 2023 ini pihaknya juga mendirikan sejumlah pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu di titik-titik strategis.

“Itu merupakan pos-pos yang bisa memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya selama Nataru. Kemudian kami juga melakukan pengamanan atau penjagaan di tempat-tempat ibadah, tempat-tempat berkumpulnya masyarakat, pusat perbelanjaan, pasar, dan lainnya,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Lanjutnya, kegiatan Operasi Lilin ini bukan hanya ditujukan pada pengamanan Nataru saja tetapi seluruh aktivitas masyarakat termasuk masa libur panjang Nataru.

“Dan kita tahu semua bahwa pada minggu-minggu ini banyak masyarakat dari luar daerah Sulut sudah mulai berdatangan, baik itu melalui jalur transportasi udara, darat maupun laut. Masyarakat tersebut selain berkunjung dan beribadah bersama keluarga, juga melakukan kegiatan wisata, itu juga menjadi sasaran pengamanan kami. Jadi dalam kegiatan Operasi Lilin ini, ada beberapa sasaran pengamanan di antaranya, orang, tempat, dan kegiatan atau aktivitas masyarakat,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Baca Juga:  Steven Kandouw Tantang Pemkab Bolsel Turunkan Tingkat Kemiskinan Hinggga Satu Digit

Terkait jumlah personel pengamanan Nataru, jelas Kapolda, melibatkan kurang lebih 5.373 personel gabungan.

“Jumlahnya sekitar 5.373 personel, merupakan gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait lainnya. Dalam pengamanan kami juga melibatkan organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan untuk bisa bersama-sama menjaga pelaksanaan ibadah Natal dan pergantian tahun. Tujuannya adalah supaya aman dan nyaman,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dirinya menegaskan kepada seluruh anggota di Polda Sulut dan jajaran untuk lebih kerja keras dalam rangka memberikan rasa aman, nyaman, dan tertib kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa beraktivitas dalam rangka menyambut Natal 2023 dan tahun baru 2024 dengan aman.

“Kemudian saya juga minta keseriusan kepada seluruh pelaksana tugas operasi, baik itu anggota Polri, TNI maupun instansi terkait lainnya untuk betul-betul maksimal dan kerja keras dalam rangka menjaga keamanan ketertiban di seluruh wilayah Sulut. Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh anggota Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya yang terlibat dalam Operasi Lilin Samrat 2023 ini, mudah-mudahan bisa menjalankan tugas kewajiban dengan baik, serius, dan maksimal,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Sulut turut mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga pelaksanaan Nataru dengan sebaik-baiknya serta meningkatkan kewaspadaan jika meninggalkan rumah.

Baca Juga:  Siapkan Generasi Muda Berkarakter Wawasan Kebangsaan, Pangdam Merdeka Buka Persami SWK Tingkat Kodam

“Jika ada sesuatu informasi, jika ingin meninggalkan rumah, silahkan sampaikan atau laporkan ke Polsek terdekat atau Bhabinkamtibmas. Bahkan bila perlu memang rumah dalam keadaan kosong sama sekali dan ada mobil, sepeda motor atau barang berharga, lebih baik dititipkan kepada keluarga di sekitarnya atau bisa dititipkan kepada pihak kepolisian terdekat. Ini demi menciptakan ketenangan seluruh masyarakat yang meninggalkan rumah. Mudah-mudahan Tuhan memberkati wilayah Sulut sehingga kita semuanya bisa melaksanakan kegiatan Nataru dengan sebaik-baiknya,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Kegiatan ini ditandai dengan penyematan pita sekaligus juga pemusnahan barang bukti secara simbolis yang terdiri dari minuman keras 400 liter, Sabu-sabu 33 Kg dan Obat keras.

Kegiatan yang digelar oleh Polda Sulut tersebut dihadiri oleh, Wakapolda Sulut Irjen Pol Jan De Fretes, Kabinda Sulut Brigjen TNI Raymond Marojahan, Ka BNNP Sulut Brigjen Pol Pitra Ratulangi, Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Muhammad Syarifudin, Asops Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Sarwo Supriyo, Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Mujahidin, Kakumdam XIII/Merdeka Kolonel Chk Sjaiful Nursaid, Asops Lantamal Vlll Manado Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariadi, Analis Kebijakan Ahli Madya Bakamla, Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Indarwan, Wadandenpom XIII/1 Manado Mayor Cpm Dedi Nursalam, Kasat Pol PP Provinsi Sulut Farly Kotambunan, para Pejabat Utama Polda Sulut dan para tamu undangan. (*/Regwilnnlhy)

 

 

Example 120x600