Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaManadoPemerintahan

Djemmy Kumendong: Hindari Kesalahan Operator Siskeudes Harus Update Pengetahuan

×

Djemmy Kumendong: Hindari Kesalahan Operator Siskeudes Harus Update Pengetahuan

Sebarkan artikel ini

TONDANO, MANADONEWS.CO.ID – Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong M.Si, membuka Workshop Siskeudes Bagi Operator Desa di Kabupaten Minahasa tahun 2023 Angkatan II, Kamis (28/12/2023) bertempat di Hotel Mercure Tateli,Mandolang.

Mengawali sambutan sekaligus arahan, Bupati Kumendong atas nama keluarga dan Pemkab Minahasa mengucapkan selamat Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024.

MANTOS MANTOS

“Tuhan Memberkati torang (kita, red) semua,” ujar Bupati Kumendong.

Di hadapan peserta 151 operator Siskeudes se-Minahasa Kumendong mengatakan kegiatan ini harus dipahami sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) desa.

“Bersyukur situasi dan kondisi desa saat ini telah mengelola berkisar 600 juta hingga 1 miliar. Sehingga diperlukan sistem dan operator yang harus dilatih untuk mengelola dengan baik,” ujar Kumendong.

Baca Juga:  Per Minggu 5 Juli, Kasus Positif Covid-19 di Tomohon Capai 79 Orang

Pengetahuan dan pemahaman, kata Kumendong, perlu terus di update menguasai sistem sehingga tidak salah digunakan karena berakibat fatal.

“Apalagi semua dana desa saat ini pengawasan ketat dilakukan oleh internal Inspektorat, Kepolisian dan Kejaksaan,” urai Bupati Kumendong.

Diharapkan aturan pemerintahan dan pengelolaan keuangan bisa sejalan. Dana desa ini telah mengakselerasi dan menstimulan berbagai kemajuan desa di berbagai bidang.

“Tahun 2023 Dana Desa untuk penunjang pemulihan ekonomi dan program penunjang prioritas nasional seperti SDM dan stunting. Untuk BLT dimaximalkan hingga 25 persen melalui mekanisme musyawarah desa. Juga harus dianggarkan bencana alam,” tukas dia.

Lanjutnya, sebagai garda terdepan operator Siskeudes harus pahami permasalahan klasik dan buat sebaik-baiknya.

Baca Juga:  Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang Jabat Pangdam XVIII/Ksr

“Untuk itu dibutuhkan komitmen kerja,” tegas Bupati Kumendong seraya menyatakan semua penggunaan dana desa harus sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selanjutnya diinformasikan akan digunakan aplikasi Siskeudes 2024 di seluruh desa, sehingga bisa terpantau dengan baik.

Kadis PMD Kabupaten Minahasa Arthur Palilingan melalui Ketua Panitia Pelaksana Didy Timbel, S.Pd menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan program kegiatan aplikasi, penginputan data, pengelolaan keuangan desa, perhitungan pajak dan penerapan Siskeudes 2023 dan 2024 sehingga terlaksananya sistem keuangan pemerintah Desa dan Kabupaten Minahasa.

“Kegiatan diikuti oleh 151 peserta operator desa yang terdiri dari dua gelombang,” tandasnya.(*)

Example 120x600