Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaBudayaMinahasa

Gelar Adat Diberikan Pj Bupati Djemmy Kumendong kepada Tiga Putra Terbaik Kawangkoan

×

Gelar Adat Diberikan Pj Bupati Djemmy Kumendong kepada Tiga Putra Terbaik Kawangkoan

Sebarkan artikel ini

KAWANGKOAN, MANADONEWS.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr. Jemmy Kumendong M.Si, didampingi Ketua TP PKK Ny Kumendong – Onibala SH menghadiri dan memberikan gelar adat Tountemboan Walak Kawangkoan oleh Masyarakat Adat Kawangkoan berupa Aka Imbanua kepada Pj. Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Ronald T H Sorongan M.Si, Pj Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Drs Joi E B Oroh dan Gelar Adat Walian Papendangen kepada Direktur IPDN Sulut Dr. Drs. Arnold Poli SH, MAP, bertempat di halaman GMIM Sion Sentrum Sendangan, Minggu (7/1/2024).

Selanjutnya Bupati Djemmy Kumendong dan Ketua TP PKK mengikuti ibadah syukur di GMIM Sion Sentrum Sendangan yang dipimpin oleh Ketua BPMJ GMIM Sion Sentrum Sendangan Pdt Junisar Watulangkow S.Th.

MANTOS MANTOS

Pada kesempatan itu Kumendong membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara Prof Dr (HC) Olly Dondokambey SE.

Terkait pemberian gelar adat, kata Bupati Kumendong, merupakan wujud apresiasi masyarakat terhadap prestasi putra – putra terbaik Kawangkoan baik di bidang pemerintahan maupun pendidikan.

Baca Juga:  Mandagi Pimpin Sertijab Camat Tomohon Selatan

“Gelar Adat Aka Imbanua merupakan tanda kehormatan untuk pimpinan suatu wilayah dan Walian Papendangen merupakan tercerminan kearifan dalam pendidikan. Gelar ini merupakan tanda dan bukti dedikasi dan kerja keras putra-piutra daerah asal Kawangkoan, ” ujar Kumendong.

Buat ketiga pejabat penerima gelar adat Kumendong mengucapkan banyak selamat, juga kepada masyarakat Kawangkoan yang sangat antusias mengapresiasi prestasi putra asli daerah sebagai bentuk dukungan moril.

“Dukungan dari masyarakat merupakan fondasi utama dalam kesuksesan kepemimpinan. Semangat gotong royong dan solidaritas di antara kita semua menjadi kekuatan yang luar biasa dalam memajukan daerah,” ucap KUmendong.

Imbuhnya, penganugerahan Gelar Adat ini bukan semata penghargaan formal namun bentuk pengakuan dedikasi dan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah sebagai hasil kerjasama antar pemeringtah daerah dengan pemeringtah Provinsi.

Baca Juga:  Reiner Rampengan Turut Dampingi Bupati Kumendong Resmikan SDN Pineleng

“Kiranya menjadi inspirasi bagi generasi muda bagi daerah dan bangsa,” tukas dia.

Semua ini, lanjutnya, tak terlepas dari canpur tangan Tuhan. Maka selayaknya mengangkat puji dan syukur kepadaNYA seraya memanjatkan terima kasih atas segala nikmat yang diberikan Tuhan.

Bupati kemudian memohon doa dukungan agar kitanya Sulawesi Utara selalu dilimpahi berkat, menjadi tempat kedamaian yang keharmonisan.

“Kiranya langkah yang kita tempuh selalu dipandu oleh petunjukan Tuhan dan kebijakan yang kita ambil selalu berpijak pada nilai-nilai keadilan, kebenaran dan kebersamaan,” kuncinya.

Bupati Kumendong turut menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada tiga putra terbaik penerima gelar adat Kawangkoan.

Turut Hadir Kadis Kebudayaan Provinsi Sulut Jani Lukas, Jajaran Pemkab Minahasa yakni Sekda Dr Lynda Watania M.Si, Jajaran Pemkab Sitaro dan Jajaran Pemkab Mitra, Pnt Rio Dondokambey dan undangan.

Example 120x600