Dharma Pertiwi Daerah M Diminta Memilih Dengan Hati, Netralitas TNI Harga Mati

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Keberhasilan Pemilu 2024 akan menentukan derap langkah Bangsa Indonesia selama lima tahun kedepan dalam membangun Indonesia menuju bangsa yang berdaulat dan bermartabat di mata bangsa di dunia.

Berkenaan dengan itu, para Istri Prajurit TNI yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana PD XIII/Merdeka, Jalasenastri Korcab VIII DJA II, PIA Ardya Garini Cabang 9/D.II Lanudsam Ratulangi dan IKKT Ranting IV-18 Cabang IX Otjen Mabes TNI diminta bijak menggunakan hak politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Bacaan Lainnya

Ketua Dharma Pertiwi Daerah M Ny.Nonny Legowo mengatakan, anggota Dharma Pertiwi Daerah M harus menggunakan hak politiknya secara bertanggung jawab, mempedomani prinsip Pemilu yang langsung, bebas dan rahasia.

Meski hak politik warga negara diatur dalam undang undang akan tetapi peran kita sebagai istri prajurit TNI, diharapkan untuk dapat menjaga netralitas suami dalam pemilu.

Baca Juga:  Olly Ingatkan PAC harus Punya Loyalitas Tinggi

Netralitas TNI merupakan pelaksanaan Reformasi Internal TNI dan merupakan amanah dari pasal 5 ayat (2) Tap MPT/VII/2000 tentang peran TNI dan Polri serta pasal 39 undang undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

“Netralitas TNI adalah TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,” kata Ny.Nonny pada pertemuan olah raga bersama dengan anggota Dharma Pertiwi Daerah M, Selasa (23/1/2024) di Makolantamal VIII Manado.

Istri dari Pangdam XIII/Merdeka tersebut, meminta kepada istri prajurit TNI yang tergabung dalam organisai Dharma Pertiwi Daerah M untuk tidak golput dan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing masing pada pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024.

“Ibu ibu saya minta agar tidak golput dan tidak berpihak, dan mendukung serta menghargai netralitas para suami maupun organisasi dan kepercayaan rakyat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ny.Nonny Legowo memberikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut yang bisa memfasilitasi pemilih, khususnya keluarga anggota TNI agar dapat menggunakan hak pilihnya pada pemungutan suara.

Baca Juga:  Kasdam Merdeka Beri Arahan Prajurit Satgas Pam Puter Wilayah Kodam Merdeka

Dia juga mengajak semua untuk bersama sama mensukseskan pemilu 2024.

“Kita semua berharap pelaksanaan pemilu dalam kondisi damai, aman dan demokratis serta dapat menciptakan komunikasi yang baik sesama pendukung Pasangan Calon (Paslon) untuk tetap berkomitmen dalam mewujudkan pemilu tahun 2024 yang damai dan bermartabat,” pungkas Ny.Christiana Sari Proboningrum.

Sementara itu, anggota KPU Sulut Lanny Ointu selaku narasumber memaparkan tentang kesiapan KPU Sulut dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“Saat ini KPU Sulut telah menetapkan jadwal kampanye rapat umum calon anggota DPRD Provinsi dan anggota DPD Dapil Sulawesi Utara, dimana pelaksanaan kampanye rapat umum dimulai tanggal 21 Januari 2024,” katanya.

Dikatakannya, bahwa rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Sulut sejumlah 1.969.603 pemilih, yang terbagi pemilih laki laki sebanyak 993.863 dan pemilih perempuan berjumlah 975.740.

“Untuk alasan pindah memilih dengan alasan bertugas di tempat lain, menjalani rawat inap atau mendampingi pasien rawat, tertimpa bencana atau menjadi tahanan Rutan, tahapannya sampai dengan 7 Februari 2024,” katanya.

Baca Juga:  Jangan Sampai Masyarakat Kehilangan Hak Politik, Daftar Pemilih Harus Akurat

Dia juga menginformasikan, untuk jumlah pemilih pindah masuk berjumlah 2.154 terdiri dari laki laki sebanyak 1.017 dan Perempuan sejumlah 1.136.

“Sedangkan jumlah pemilih pindah keluar berjumlah 2.626, terdiri laki laki sebanyak 1.251 dan perempuan 1.375,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua I Dharma Pertiwi Daerah M Ny.Herny Nouldy Tangka, Wakil Ketua II Dharma Pertiwi Daerah M Ny.Devi Ramot, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus, Ketua Persit KCK Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny.Ning Untari Wakhyono, Wakil Ketua Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada II Ny.Uun Mikaryo, Ketua IKKT Ranting IV-18 Cabang IX Otjen Mabes TNI Ny.Weny Eman Jaya, Asintel Danlantamal VIII Manado Kolonel Laut (KH) Florendo Jacobus, perwakilan KPU Provinsi Sulut, para pengurus Dharma Pertiwi Daerah M, pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka dan jajaran, pengurus Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II, pengurus PIA Ardya Garini Cabang 9/D.II Lanudsam Ratulangi, pengurus IKKT Ranting IV-18 Cabang IX Otjen Mabes TNI. (Regwilnnlhy)

 

Pos terkait