BeritaBerita TerbaruBerita UtamaMinsel

Pangdam Merdeka Tanam Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Arakan

MINSEL,MANADONEWS.CO.IDPanglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko didampingi Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Nonny Legowo melaksanakan penanaman pohon Mangrove, Jumat (26/1/2024) di pesisir pantai Desa Arakan Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan.

Selain penanaman Mangrove, dalam kegiatan karya bakti terpadu Kodam XIII/Merdeka juga dilaksanakan bersih bersih pantai dan penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu, pemberian paket gizi kepada anak stunting dan pengobatan gratis.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko mengatakan, keberadaan hutan Mangrove sangatlah penting bagi lingkungan, khususnya ekosistem pantai.

“Kegiatan ini merupakan langkah untuk mencegah abrasi (pengikisan darat) di pesisir pantai dan instrusi (perembesan) air laut ke tanah daratan, sebagai penyangga dan penyaring alami limbah organik, serta tempat hidup dan sumber makanan bagi berbagai jenis ikan dan satwa lainnya, bahkan tanaman/vegetasi yang bertumbuh dapat membantu ekonomi para nelayan pantai,” ujar Pangdam.

Perwira Tinggi TNI AD yang sejak 17 Juli 2023 mengemban amanat sebagai Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka tersebut menyampaikan, bahwa mengingat besarnya manfaat dari kegiatan ini, saya menghimbau kepada para prajurit TNI dan masyarakat serta seluruh pihak terkait, untuk saling menjaga ekosistem hutan Mangrove, khususnya daerah pesisir pantai di sepanjang Desa Arakan yang juga bagian dari Zona Taman Nasional Bunaken, dengan melaksanakan perannya masing masing secara optimal dan bertanggung jawab, mulai dari proses penanaman, pemeliharaan, sampai pada upaya pengamanan.

“Saya berharap Mangrove yang kita tanam pada hari ini dapat bertumbuh dengan baik,” ujar Legowo.

Pada kesempatan itu Pangdam menyampaikan, terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada semua pihak yang turut mendukung terlaksananya kegiatan Kodam XIII/Merdeka.

“Terima kasih kepada panitia, Danyonzipur 19/Yudha Karya Nyata beserta seluruh masyaraka dan Forkopimda Minsel serta Dandim 1302/Minahasa, yang telah melaksanakan kegiatan pada hari ini,” pungkas Mayjen TNI Legowo Jatmiko.

Dalam wawancaranya, Pangdam mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program unggulan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) terkait penghijauan dalam hal ini penanaman pohon Mangrove yang sudah kita laksanakan ini, sebagai upaya untuk mencegah abrasi pantai supaya tidak tergerus oleh ombak atau air laut.

Ditambahkannya, kegiatan ini selain untuk memelihara lingkungan hidup,sekaligus juga mempererat tali silaturahmi dan membangun semangat kebersamaan antara TNI, Polri dan dengan semua komponen masyarakat guna menumbuhkan kecintaan kita pada lingkungan hidup.

“Mari kita sama sama melaksanakan dan mensukseskan program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat,” ujar Pangdam Merdeka.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemberian paket sembako sebanyak 200 paket kepada masyarakat kurang mampu dan paket gizi kepada 50 anak stunting.

Kegiatan yang dikemas dalam tagline “Kodam XIII/Merdeka Peduli Mangrove” tersebut, dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Asintel Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Muhammad Syarifudin, Aspers Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Yulian Iskandar, Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto, Kasiter Kasrem 131Santiago Kolonel Kav Dany Hermawan, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, Lo AL dan AU Kodam XIII/Merdeka, Kapuskodalops Kodam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Kapoh, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazarudin, Dandeninteldam XIII/Merdeka Letkol Inf Jenris Yulmas Vinas, Danyonif 712/Wiratama Letkol Inf Madiyan Surya, Dankikav 10/MSC Kapten Kav Eka Syarif,
Danpos TNI AL Arakan Letda Laut (P) Recky Rambing, Plt Ketua Dewan Stevanus Lumowa, Ketua Pengadilan Negeri Amurang Junita Beatrix Ma’i, Kajari Minsel La Ode Muhammad Nusrim, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Nicolas Loli, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus, Ketua Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka Ny Ning Untari Wakhyono, para pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka dan jajaran serta para Tokoh Masyarakat, aparat Kepolisian dan Pemerintah Daerah, pecinta lingkungan hidup, adik adik mahasiswa, SD, SMP dan SMA serta segenap masyarakat Desa Arakan dan sekitarnya. (Regwilnnlhy)

 

 

Exit mobile version