BeritaBerita TerbaruBerita UtamaMinsel

Tutup Dikmaba, Pangdam Merdeka Lantik dan Sumpah 42 Sersan Dua

AMURANG,MANADONEWS.CO.IDPanglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko melantik 42 prajurit siswa sekaligus mengambil sumpah menurut kepercayaan masing masing, pada upacara penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2023 Lintas Tahun Rindam XIII/Merdeka, Senin (29/1/2024) di lapangan upacara Secaba Rindam XIII/Merdeka.

42 prajurit tersebut dilantik setelah mereka menempuh pendidikan yakni dari aspek mental, akademik, dan jasmani selama 5 bulan di Rindam XIII/Merdeka. Hal tersebut dilakukan untuk mengubah mereka dari warga sipil menjadi seorang militer, dengan demikian mereka secara resmi berhak menyandang pangkat Sersan Dua (Serda).

Dengan penuh rasa bangga, Mayjen TNI Legowo W.R Jatmiko dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat atas keberhasilan para mantan siswa Dikmaba dalam menyelesaikan semua tahapan pendidikan.

“Selaku Panglima Kodam XIII/Merdeka dan atas nama pribadi mengucapkan selamat kepada 42 siswa Bintara yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan tahap pertama Bintara TNI Angkatan Darat dan dilantik menjadi prajurit dengan pangkat Sersan Dua (Serda),” ujar Pangdam XIII/Merdeka.

Pangdam berharap agar prestasi yang telah dicapai selama pendidikan, dapat dijadikan motivasi untuk mengawali perjalanan pengabdian di lingkungan TNI Angkatan Darat.

“Pelantikan ini tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri, baik bagi orangtua dan keluarga maupun bagi para prajurit Bintara baru sekalian, semoga kedepan kalian akan menjadi bintara bintara TNI AD yang dapat diandalkan,” kata Mayjen TNI Legowo Jatmiko.

Dihadapan 42 Bintara remaja, Pangdam mengingatkan sebagai prajurit TNI harus selalu mempedomani dan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam setiap gerak dan langkah. Serta pegang teguh sikap disiplin dan komitmen patuh terhadap hukum dan jaga kehormatan diri sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Darat.

“Perlu disadari bahwa menjadi prajurit TNI AD merupakan kebanggaan karena memikul tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkari negara, akan tetapi dengan kehormatan tersebut seorang prajurit senantiasa terikat oleh aturan hukum yang berlaku baik sebagai warga negara secara umum maupun aturan hukum bagi prajurit TNI,” ungkap Pangdam.

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menekankan pentingnya netralitas TNI khususnya bagi prajurit Bintara baru dalam pesta demokrasi.

“Sebagai seorang prajurit TNI AD kalian wajib menjaga komitmen netralitas TNI sekuat kuatnya,” ungkap Pangdam Legowo.

Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada Danrindam XIII/Merdeka beserta staf, Dansecaba, para Gumil dan pelatih atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan program pendidikan.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya melaksanakan program Pendidikan Pertama Bintara TNI AD dengan baik. Segera lakukan evaluasi demi perbaikan mutu pendidikan berikutnya, agar hasil didikan Rindam XIII/Merdeka setiap saat semakin meningkat dan mampu menjawab tuntutan tugas,” pungkas mantan Gubernur Akmil tersebut.

Kegiatan ini dihadiri Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Kapok Sahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, para Pejabat Utama Rindam XIII/Merdeka, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Nonny Legowo dan para pengurus Persit KCK PD XIII/Merdeka. (Regwilnnhly)

 

Exit mobile version