Rakernis Bidang Perencanaan dan Anggaran Kodam Merdeka 2024 Bahas Berbagai Program Prioritas

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Dalam rangka membahas evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja dan anggaran Staf Perencanaan Kodam XIII/Merdeka TA 2023 dan penjelasan secara detail tentang program kerja dan anggaran Staf Perencanaan Kodam XIII/Merdeka TA 2024.

Kodam XIII/Merdeka menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Perencanaan dan Anggaran Kodam XIII/Merdeka tahun 2024, yang dipimpin langsung Asisten Perencanaan Daerah Militer (Asrendam) XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, Selasa (6/2/2024) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Tema Rakernis bidang Perencanaan dan Anggaran Tahun 2024 ini adalah “Perencanaan Kodam XIII/Merdeka Siap Mewujudkan Pertahanan Yang Tangguh Untuk Indonesia Tangguh”. Pemilihan tema ini sangat relevan dan sesuai dengan semangat kita untuk mendukung tugas TNI AD dalam mensukseskan program pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana menyampaikan, bahwa pada pelaksanaan program dan anggaran TA 2023, TNI berhasil mencapai beberapa capaian positif.

“Namun terlepas dari itu, masih ditemukan pula beberapa permasalahan yang menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi kita. Salah satunya adalah terkait permasalahan anomali terhadap pembayaran Tunjangan Kinerja (Tunkin), tentu hal ini tidak boleh terulang pada pelaksanaan program dan anggaran TA 2024,” ujar Asrendam.

Baca Juga:  Usai Apel, Bupati Bolsel Pimpin Rapat Dinas

Dikatakannya, kegiatan Rakernis ini diselenggarakan sebagai media untuk menyampaikan kebijakkan pimpinan TNI Angkatan Darat dalam hal ini Pangdam XIII/Merdeka dan hal hal yang perlu mendapat perhatian di bidang perencanaan dan anggaran, agar pelaksanaan program dan anggaran Kodam XIII/Merdeka TA 2024 dapat berjalan secara optimal sesuai dengan yang diharapkan.

“Berkaitan dengan hal ini sebagai informasi, program dan anggaran Kodam XIII/Merdeka TA 2024 sudah selesai disusun tinggal kita distribusi, tapi saya ingatkan dengan tertibnya DIPA agar Satker segera menyusun program dan anggaran secara pararel dan itu ada dalam teknis penyusunan perencanaan,” kata Marsana.

Dalam Rakernis tersebut, mantan Dandim 1205/Sintang menyampaikan, pokok pokok kebijakan pimpinan Angkatan Darat bidang Perencanaan dan Anggaran tahun 2024, meliputi menata organisasi dan gelar satuan TNI AD agar rasional dan operasional, mempertahankan opini WTP melalui optimalisasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi guna mewujudkan tata kelola organisasi TNI AD yang akuntabel dan kapapel dalam rangka mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan mengefisiensi dan mengefektivitaskan pengelolaan anggaran. Perencanaan program dan anggaran TA 2024 harus mengutamakan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan anggaran guna tercapainya target sasaran pembangunan tahun 2024.

Baca Juga:  Diparipurnakan Hari Ini, Fraksi-fraksi DPRD Sulut Menerima Pertanggungjawaban APBD 2022

“Pokok pokok kebijakan tersebut harus dapat direalisasikan dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun 2024, menghadapi berbagai dinamika perkembangan situasi dan kondisi baik yang bersifat eksternal maupun internal,” ungkap mantan Dandodiklatpur/Gumil Juang Rindam XII/Tanjung Pura.

Diakhir sambutannya, Pamen yang semenjak 17 Juni 2023 mengemban amanat sebagai Asisten Perencanaan Kodam XIII/Merdeka tersebut, menekankan agar seluruh peserta Rakernis Srendam XIII/Merdeka memanfaatkan Rakernis ini sebagai wahana atau media dalam menyamakan persepsi dan interprestasi guna menciptakan kesamaan gerak langkah dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan program dan anggaran Kodam XIII/Merdeka.

“Ikuti dengan saksama materi yang dibahas dalam Rakernis dan jangan ragu ragu untuk bertanya agar diperoleh pemahaman yang jelas dan benar, serta berikan kontribusi positif melalui masukan dan saran guna mengoptimalkan pelaksanaan Program dan Anggaran Kodam XIII/Merdeka TA 2024,” pungkas mantan Danyonif 644/Walet Sakti.

Pada Rakernis ini para Pabandya Srendam XIII/Merdeka menjelaskan tentang Program dan Anggaran Kodam XIII/Merdeka TA 2024 sesuai dengan bidang masing masing, hal hal yang bersifat teknis perlu dipedomani dan ditindaklanjuti oleh pejabat perencanaan, anggaran, dan keuangan Satker sebagai pengendali dalam pelaksanaan Program dan Anggaran Kodam XIII/Merdeka TA 2024.

Baca Juga:  Bermula dari Patroli Rutin, Polisi Mendapati Empat Pelaku, Langsung Diamankan

Kegiatan ini dihadiri oleh Irurben Itdam XIII/Merdeka Kolonel Kav Djonlie Kaligis, Kasiren Korem 131/Santiago Kolonel Inf Teguh Pamungkas, Kasiren 133/Nani Wartabone Kolonel Kav Sugianto, Kakudam XIII/Merdeka Kolonel Cku Yulius Rasyid, Kainfolahtadam XIII/Merdeka Letkol Arh Faris Kurniawan, Waasrendam XIII/Merdeka, para Waas Staf Umum Kodam XIII/Merdeka, para Pabandya Srendam XIII/Merdeka, para Perwira dan Bintara serta pejabat yang membidangi perencanaan dan anggaran di satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka. (Regwilnnlhy)

Pos terkait