BeritaDaerahKesehatanNusa UtaraPemerintahanSangiheSulawesi Utara

Peningkatan Fasilitas Layanan Kesehatan Terus di Dorong Penjabat Bupati Sangihe

Layanan Kesehatan

Tahuna, MANADONEWS.CO.ID – Komitmen Penjabat Bupati Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan bersama Kadinkesda Sangihe dr Handry Pasandaran ME dalam Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan patut di apresiasi.

Pasalnya, upaya pemerintah daerah dan intansi terkait dalam Peningkatan Infrastruktur Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Sangihe segera terealisasi dalam waktu dekat ini.

Tidak main-main anggaran yang di sediakan oleh pemerintah mencapai kurang lebih Rp. 9,9 miliar untuk Pembangunan dan Rehabilitasi 22 unit Pustu yang tersebar di sejumlah wilayah, 1 unit Rumah Dinas Marore dan Penambahan Ruangan di Puskesmas Marore.

Setelah sekian tahun tak pernah tersentuh kini sejumlah bangunan yang di nilai sudah tidak layak tersebut akan segera di benahi baik dari sisi infrastruktur maupun ketersediaan dan kesiapan layanan kesehatan.

“Berbagai upaya terus di lakukan ibu pj bupati dan jajaran terkait di lingkungan pemerintah daerah kabupaten kepulauan sangihe untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat di kabupaten sangihe,” ungkap Kadinkesda Sangihe dr Handry Pasandaran ME.

Di uraikan Pasandaran, pihaknya terus mendukung penuh seluruh program Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan dalam pemenuhan layanan di bidang kesehatan.

 

“Peningkatan sarana dan prasarana serta alat kesehatan baik di RS, Puskesmas dan Pustu,  Terkareditasinya 17 puskesmas dan 2 RS rujukan, Pemenuhan sumber daya manusia kesehatan secara bertahap serta Pemenuhan anggaran bidang kesehatan minimal 10 persen dari APBD Kab Kepl sangihe,” urainya.

“Dan hasilnya sangihe menerima anugerah sebagai kab sehat tahun 2023 dan menurunnya angka stunting, menurunnya angka kematian ibu dan anak serta meningkatnya angka harapan hidup,” pungkas Pasandaran Jumat (01/03/2024).

Sementara itu, Staf khusus Pj Bupati bidang Informasi dan Komunikasi Johan Adler Fredrik Lukas mengapresiasi atas langkah dan upaya pemerintah daerah bersama dinas terkait yang terus mendorong ketersediaan layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi Kegigihan dan Komitmen Penjabat Bupati bersama Kadinkesda untuk peningkatan layanan kesehatan yang di awali dengan perbaikan sejumlah Faskes yang rusak, kedepan akan di ikuti dengan Penataan SDM dan Fasilitas penunjang lainnya di setiap Faskes yang ada,” tukasnya.

Sejumlah Pustu yang akan di rehabilitasi antara lain, Puskesmas Pembantu Raku, Matutuang, Kawaluso, Lehupu, Kulur II, Bowongkulu, Kauhis, Manumpitaeng, Menggawa 1, Ulung Peliang, Tumalede, Tawoali, Bahu, Utaurano, Kawio, Talawid, Beeng, Tariang Baru, Mohong Sawang, Sampakang, Malisade, Tariang Lama.

(RiTa)

 

Exit mobile version