BeritaBerita TerbaruBerita UtamaSangiheSitaroSulawesi Utara

Satgas Operasi Bhakti TNI Tiba di Pelabuhan Buhias Tagulandang

SITARO,MANADONEWS.CO.ID Tiga unsur TNI yang tergabung Satuan Tugas Operasi Bhakti TNI Kodam XIII/Merdeka tiba di Pelabuhan Buhias Tagulandang, Kelurahan Bahoi Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (24/4/2024), dalam rangka pelaksanaan Karya Bakti dan Bakti Sosial pasca erupsi Gunung Ruang Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Personel Satgas Operasi Bhakti TNI Kodam XIII/Merdeka yang akan melaksanakan kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial di lokasi yang terdampak erupsi Gunung Ruang diangkut dengan KRI Kakap-811 dengan komandan kapal Mayor Laut (P) Yacob Tri Raharjo, dengan turut serta dalam pelayaran Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Sumanto, Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Mujahidin, Dandenzibang Kodam XIII/Merdeka Letkol Czi Bambang, Kazidam XIII/Merdeka Letkol Czi Dwi Joko Susanto dan Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick.

Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav Mujahidin mengatakan, personel yang ikut dalam Operasi Bhakti TNI Kodam XIII/Merdeka berjumlah 130 orang dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

“Operasi Bhakti TNI Kodam XIII/Merdeka ini merupakan implementasi dari UU no 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa tugas pokok TNI yakni Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), dimana salah satu tugas TNI dalam OMSP adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta,” kata Kapendam.

Dikatakan Kapendam, menurut rencana, Satgas Operasi Bhakti TNI ini akan melaksanakan kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial dalam rangka penanganan Tanggap Darurat Bencana Alam pasca erupsi Gunung Api Ruang di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Personel operasi Bhakti TNI Kodam XIII/Merdeka akan melakukan kegiatan berupa pelayanan kesehatan, perbaikan rumah dan pembersihan lokasi lokasi yang terdampak erupsi Gunung Ruang,” katanya.

Kegiatan ini ditandai dengan pengecekan personil Satgas Operasi Bhakti TNI yang dipimpin oleh Pasiter Kodim 1301/Sangihe Kapten Chb Celcius Wangka.

Kegiatan ini dihadiri oleh Danlanal Tahuna Letkol Laut (P) Surya.A.Muryanto, Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, Pasiter Kodim 1301/Sangihe Kapten Chb Celcius Wangka, Pasiops Kodim 1301/Sangihe Kapten Inf Teny Maru Habel, Pasilog Kodim 1301/Sangihe Lettu Inf Tedy Steven Joseph, Pasiintel Kodim 1301/Sangihe Lettu Inf Julen Maameah dan Danposal Tagulandang Letda Laut (P) Andryadi. (Regwilnnlhy)

Exit mobile version