Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPolitik

Pengamat Sebut Variabel Pengaruh Jokowi terhadap Kemenangan Prabowo-Gibran tidak Signifikan

×

Pengamat Sebut Variabel Pengaruh Jokowi terhadap Kemenangan Prabowo-Gibran tidak Signifikan

Sebarkan artikel ini
Taufik M Tumbelaka

Manado – Menarik memprediksi dinamika politik Indonesia pasca kepemimpinan Presiden Jokowi Widodo (Jokowi).

Menurut pengamat politik dan pemerintahan, Taufik Manuel Tumbelaka, PDI-Perjuangan (PDI-P) masih dianggap variabel paling penting oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto.

MANTOS MANTOS

“Dengan asumsi politik tergantung kepentingan, maka Prabowo akan berusaha menarik PDI-P masuk pemerintahan untuk mengamankan program dan kebijakan yang diambil,” kata Taufik Tumbelaka kepada wartawan, Sabtu (4/5/2024).

Apalagi, tambah mantan aktivis Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, variabel pengaruh Jokowi terhadap kemenangan Prabowo-Gibran tidak signifikan.

“Beda dengan pengaruh Partai Golkar dan Partai Demokrat. Juga bisa dilihat suara PSI tidak menjulang. Intinya setelah 20 Oktober nanti akan terjadi semacam guncangan politik,” tukas Tumbelaka.

Baca Juga:  Pemprov Sulut Gelar Mutasi Jabatan

Sebelumnya, pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, memprediksi presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto akan memilih PDI-P ketimbang Presiden Joko Widodo.

Adi meyakini hal tersebut bakal terjadi usai Jokowi lengser dan Prabowo resmi dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober 2024.

“Rasa-rasanya setelah 20 Oktober, Prabowo ini akan jauh memprioritaskan PDI-P ketimbang Jokowi yang sudah tak lagi jadi presiden,” ujar Adi dalam program Obrolan Newsroom Kompas.com, Selasa (30/4/2024).

“Tapi per hari ini, saya membaca Prabowo masih cukup menghargai dan menjadikan Jokowi sebagai variabel penting. Karena sampai tanggal 20 saya kira Jokowi masih jadi presiden,” sambungnya. (Jrp)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *