BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSulawesi Utara

Pangdam Cek Kesiapan Operasional Sarana Angkut Air Kodam Merdeka

MANADO,MANADONEWS.CO.ID-Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya didampingi Aslog Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Fajar Ali Nugraha, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, Kabekangdam XIII/Merdeka Letkol Cba Kiki Abdulrahman ,Wakabekangdam XIII/Merdeka Letkol Cba Hidayat dan KSOP Kelas III Manado Letkol Marinir Benyamin Ginting secara langsung melakukan pengecekan kesiapan operasional Alat Angkutan Air (Alang Air) Kodam XIII/Merdeka, di Pelabuhan Bersehati Kelurahan Calaca Kecamatan Wenang, Kota Manado, Senin (6/5/2024).

Dalam kunjungannya, Pangdam dan rombongan meninjau kondisi kapal milik Kodam XIII/Merdeka diantaranya, Kapal Motor Cepat (KMC) Komando, Rigid Inflatable Boat (RIB), Sea Rider dan KMC V-40.

Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Daniel Lalawi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengecek secara langsung sudah sejauh mana kesiapan operasional Alat angkutan (Alang) Air Kodam XIII/Merdeka yang berada di bawah operasional Bekangdam XIII/Merdeka.

“Fungsi Angkutan Air adalah untuk mendukung tugas pokok Kodam XIII/Merdeka baik untuk mendukung kegiatan tugas operasi militer perang (OMP) maupun tugas operasi militer selain perang (OMSP) seperti kegiatan bantuan bila terjadi bencana alam, banjir, maupun kegiatan kemanusiaan,” kata Kapendam.

Ditambahkannya, pangdam berharap agar sarana angkutan air ini supaya benar benar dijaga, dipelihara, dan dirawat baik kesiapan tehnisi maupun fisiknya sehingga usia pakai alat tersebut dapat lebih lama. Selain itu juga agar siap bergerak sewaktu waktu guna mendukung tugas pokok Kodam XIII/Merdeka.

“Kondisi wilayah Kodam XIII/Merdeka yang merupakan wilayah Kepulauan, menjadikan sarana angkutan laut menjadi sangat penting untuk melaksanakan tugas. Untuk itu Kapal atau Alang Air ini diperuntukan untuk mendukung kegiatan patroli dan tugas pokok lainnya bila dibutuhkan, baik dalam perbekalan angkutan maupun logistik,” tandas mantan Dandim 1309/Manado itu.

Untuk diketahui, Pembekalan dan Angkutan Kodam (Bekangdam) XIII/Merdeka merupakan salah satu satuan badan pelaksana Kodam XIII/Merdeka yang bertugas menyelenggarakan pelayanan bekal, pelayanan jasa dan pemeliharaan bekal/materiil pembekalan angkutan dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam. (Regwilnnlhy)

 

Exit mobile version