BeritaBerita TerbaruBerita UtamaGorontaloTotabuan

Danbrigif 22/Ota Manasa Pimpin Upacara Pelepasan Pratugas Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif Motuliato

GORUT,MANADONEWS.CO.ID-Komandan Brigif 22/Ota Manasa Kolonel Inf M. Effendi memimpin upacara pelepasan pratugas Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini Kewilayahan Yonif 715/Motuliato, Jumat (10/5/2024) di Lapangan upacara Yonif 715/Motuliato, Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.

Sebanyak 450 prajurit Yonif 715/Motuliato melaksanakan upacara dalam rangka pemberangkatan latihan Pratugas Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan yang dipimpin oleh Danyonif 715/Motuliato Letkol Inf Dwi Hertanto selaku Komandan Upacara (Danup).

Perlu diketahui bahwa, Yonif 715/Motuliato dipercayakan untuk melaksanakan Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan di daerah Papua menggantikan Yonif 115/Macan Leuser Kodam Iskandar Muda (IM).

Danbrigif 22/Ota Manasa Kolonel Inf M. Effendi dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberangkatan latihan Pratugas Satgas Yonif 715/Motuliato menuju daerah latihan Pusdikpassus dalam rangka latihan Pratugas Satgas Pamtas Kewilayahan RI-PNG.

Perlu kita sadari, bahwa penugasan ini merupakan wujud nyata pengabdian dan kehormatan bagi seorang Prajurit kepada negara dan bangsanya, berdasarkan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, untuk itu penugasan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga dalam karier sebagai Prajurit yang belum tentu akan dialami pada kesempatan lain di waktu yang akan datang.

“Kepada para anggota sekalian saya ingatkan, bahwa tugas yang nantinya dilaksanakan merupakan suatu tanggung jawab dan amanah dari negara yang harus diemban dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, untuk itu saya minta kepada segenap Prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas Kewilayahan RI-PNG ini agar membulatkan tekad dan komitmen terkait dangan tugas-tugas yang akan dihadapi, sehingga secara fisik maupun mental akan terkonsentrasi sepenuhnya bagi pelaksanaan tugas kedepan,” ujar Danbrigif.

Dikatakan mantan Waasops Kasdam XIII/Merdeka itu, latihan yang nanti akan dilaksanakan ini agar dapat diikuti dengan sebaik-baiknya sehingga bisa dijadikan pegangan dalam menghadapi segala kemungkinan permasalahan yang akan timbul di lapangan, yakinkan bahwa latihan yang akan dilaksanakan, dapat membuahkan hasil yang optimal saat melaksanakan tugas nantinya.

“Dengan rasa bangga saya mengucapkan selamat berlatih dan bertugas, kepada rekan-rekan Prajurit yang telah mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas operasi sebagai personel Satgas Pamtas kewilayahan RI-PNG,” pungkas Letkol Inf Effendi.

Kegiatan ini dihadiri Dandim 1304/Gorontalo Kolonel Inf Mustamin, Dansat Brimob Polda Gorontalo Kombes Pol Muh.Ridwan, Sekda Provinsi Gorontalo Sofyan Ibrahim, Kapolres Gorontalo AKBP Dedi Herman, Kapolres Gorut AKBP Andik Gunawan, Dandim 1314/Gorut Letkol Inf Rayner Wajong, Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Martha Novalianto, Komandan KRI Teluk Youtefa-522 Letkol Laut ( P) Tri Hidayat, Asisten 1 DPRD Gorut Abdul Wahab Paudi, Kadis Har Satradar 224/Kwd Kapten Lek Risky Nurohim, Danpos Lanal Gorut Letda Laut (P) Puji Nugroho, dan seluruh Prajurit serta Persit Yonif 715/Motuliato. (Regwilnnlhy)

Exit mobile version