Berita TerbaruBerita UtamaMinut

Lanjutkan! Joune Ganda Masih Pilihan Terbaik Masyarakat Minahasa Utara

Airmadidi, Manadonews.co.id – Joune Ganda masih menjadi pilihan terbaik bagi PDI-Perjuangan (PDI-P) kembali diusung sebagai calon bupati dalam Pilkada Kabupaten Minahasa Utara mendatang.

Menurut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, Joune Ganda telah membuktikan kepemimpinan yang brilian memimpin Kabupaten Minut sehingga kayak melanjutkan di periode kedua.

“Saya pikir untuk memuluskan PDI-P mempertahankan kemenangan di Minut, maka tak salah Olly Dondokambey memberikan mandat kepada Joune Ganda berpasangan dengan Kevin Lotulong untuk berjibaku di Pilbup November nanti,” kata Jerry Massie kepada wartawan di Manado, beberapa hari lalu.

Joune Ganda, lanjut peneliti politik jebolan American Global University (AGU) Amerika ini, pernah diundang menghadiri pertemuan internasional pemimpin dunia bahkan jadi salah satu ‘keynote speech’ di China 2023 lalu.

Selama memimpin, Kabupaten Minut mengalami peningkatan signifikan di sejumlah sektor mulai dari UMKM, pendidikan, perikanan, pariwisata, hingga agraria.

“Lihat saja PDRB (produk domestik regional bruto) di kabupaten ini Rp75 juta pertahun hanya kalah dari Kota Manado,” tukas Jerry.

Jerry juga memaparkan, economic of growth (pertumbuhan ekonomi) tembus angka 5,5 persen secara average di atas provinsi dan nasional.

“Minut dipilih tahun ini sebagai host pertemuan kepala daerah/wali kota se-Asia Pasifik. Ini tak lepas peran sang bupati saat memaparkan konsep, pemikiran terkait kearifan lokal budaya di Minut,” jelas dia.

Selain itu, Jerry merinci pencapaian spektakuler Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Minut dari 2021 (74.11), 2022 (74.69) dan 2023 (75.31).

“Bahkan, di bawah kepemimpinan Joune, Minut tahun 2021 meraih TW (Tidak Wajar) hasil peninggalan pemerintahan sebelumnya. Joune Ganda mulai bekerja di 2022, dan dia membawa daerah ini meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK RI,” imbuh dia.

Menambah daftar prestasi, Joune Ganda dianugerahkan sebagai “The Indonesian Next Leader” oleh Koran Media Indonesia. Dengan slogan ‘Tulus mengabdi demi kemajuan Minut’.

“Tentu saja penghargaaan ini sangat bergengsi bagi para pemimpin khususnya di Indonesia,” pungkas Jerry Massie. (***/Jrp)

 

Exit mobile version