Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaMinahasaSulawesi Utara

Pangdam Merdeka Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monumen Benteng Moraya

×

Pangdam Merdeka Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Monumen Benteng Moraya

Sebarkan artikel ini

MINAHASA,MANADONEWS.CO.ID- Pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni tahun 2024 Kodam XIII/Merdeka dilaksanakan secara terpusat di Monumen Benteng Moraya Kabupaten Minahasa.

Untuk pertama kalinya, upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 Kodam XIII/Merdeka dilaksanakan di luar Markas Kodam XIII/Merdeka.

MANTOS MANTOS

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya bertindak sebagai Inspektur upacara. Sementara Danyonif 712/Wiratama Letkol Inf Mukhammad Yusron ditunjuk sebagai Komandan upacara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan, suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyonsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi dalam amanat yang dibacakan oleh Pangdam XIII/Merdeka mengatakan, patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita cita pendirian bangsa.

“Keberadaan pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong,” kata Pangdam.

Baca Juga:  Panorama Lautan Merah Hitam di Bawah Kaki Lokon

Lebih lanjut dalam amanat, Kepala BPIP RI mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” ujar Candra.

Selain itu, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat, menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara. Serta kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa,” pinta Candra Wijaya mengutip amanat kepala BPIP RI.

Diakhir amanat, Pangdam XIII/Merdeka mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai nilai Pancasila.

Baca Juga:  Rolling Jabatan Kabinet ODSK Segera Bergulir

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawah di kanca dunia,” tandas Mayjen TNI Candra Wijaya.

Kegiatan ini dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Achmad Marzuki, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, Lo AL kodam XIII/Merdeka Kolonel Laut (KH) Marcelino Sompotan, Lo AU Kodam XIII/Merdeka Kolonel (Pas) M. Fahromy, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Kapoh, Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick, Wakazidam XIII/Merdeka Letkol Czi Indra, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, Dankikav 10/MSC Kapten Kav Eka Syarif, Bupati Minahasa dan para tokoh agama dan masyarakat. (Regwilnnlhy)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *