BeritaBerita TerbaruBerita UtamaMitraSulawesi Utara

Danrindam Merdeka Kolonel Inf Achmad Marzuki Lantik 21 Prajurit Tamtama Infanteri

MITRA,MANADONEWS.CO.ID-21 orang siswa Dikjurtaif Abit Dikmata TNI AD Gelombang II Tahun Anggaran 2023 resmi menyandang sebagai prajurit Infanteri setelah mengikuti pendidikan dan tradisi pembaretan di Pantai Lakban, Desa Ratatotok Timur, Sulawesi Utara, Rabu (5/6/2024).

Pada kesempatan tersebut, pengukuhan dan pembaretan serta penyematan brevet Yudhawastu Pramuka dipimpin langsung Komandan Rindam (Danrindam) XIII/Merdeka Kolonel Inf Achmad Marzuki dan disematkan secara simbolis kepada perwakilan siswa.

Danrindam XIII/Merdeka membacakan amanat tertulis Danpussenif Lejten TNI Teguh Muji Angkasa mengucapkan selamat kepada siswa Dikjurtaif yang telah berhasil menempuh latihan berganda selama 3 bulan dan berhak memakai baret dan brevet Yudhawastu Pramuka

“Tradisi pembaretan dan penyematan brevet kualifikasi Yudhawastu Pramuka merupakan suatu pengakuan dan penghargaan serta lambang kehormatan bagi prajurit Infanteri yang memiliki kemampuan bergerak di setiap bentuk medan pertempuran yang tidak dimiliki oleh prajurit di luar kecabangan Infanteri,” kata Danrindam.

Dikatakannya, latihan Yudhawastu Pramuka dan tradisi pembaretan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan seorang prajurit Infanteri.

“Latihan ini bertujuan untuk membekali para siswa agar mampu mengaplikasikan taktik dan teknik kecabangan Infanteri,” ujar Danrindam.

Ditambahkan Marzuki, dengan telah disahkannya pemakaian baret dan brevet Yudhawastu Pramuka ini, menuntut para prajurit untuk mempertahankan dan memelihara semangat Yudhawastu Pramuka dalam pengabdian kepada nusa dan bangsa.

Sejarah telah mencatat bahwa prajurit korps Infanteri telah berhasil memenangkan berbagai pertempuran yang menentukan,

“Ingat, kalian adalah prajurit Infanteri yang tanggap, tanggon dan trengginas, untuk itu selalu tingkatkan kemampuan dan keterampilan bertempur serta jaga selalu kehormatan prajurit Infanteri sebagai Queen of the Battle,” tandas Achmad Marzuki.

Kegiatan ini dihadiri Wadanrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Daniel Lumbanraja, para pejabat teras Rindam XIII/Merdeka, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Mutakbir, para Forkopimda Kabupaten Minahasa Tenggara, Ketua Persit KCK Cabang X Rindam PD XIII/Merdeka Ny Riri Achmad Marzuki dan para pengurus Persit KCK Cabang X Rindam PD XIII/Merdeka. (Regwilnnlhy)

 

Exit mobile version