Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPolitik

Bawaslu Sulut Buktikan Pertanggungjawaban Kinerja ke Publik 

×

Bawaslu Sulut Buktikan Pertanggungjawaban Kinerja ke Publik 

Sebarkan artikel ini
Rapat evaluasi Bawaslu Sulut menghadirkan para narasumber berkompeten termasuk akademisi

Manado – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut), Ardiles Mewoh, membuka kegiatan Rapat Evaluasi Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu Sulut dalam Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024, di Hotel Sintesa Peninsula, Jumat (7/6-2024) malam.

Di kesempatan ini, Ardiles memaparkan kerja pengawasan yang telah dilakukan Bawaslu Sulut dalam Pemilu 2024 lalu.

MANTOS MANTOS

“Yang pasti selama Pemilu 2024, kalau saran perbaikan, baik pencegahan pak Steffen (anggota Bawaslu Sulut) punya data. Baru pemutakhiran data pemilih saja sudah tiga ribuan saran perbaikan yang kami sampaikan ke KPU,” ungkap Ardiles.

Terkait penanganan pelanggaran, mantan Ketua KPU Sulut ini memberikan contoh soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga:  Camkan! Media sebagai Saluran Meningkatkan Kualitas Kepemiluan

Disebutnya bahwa dalam pelaksanaan Pemilu 2024, sekian banyak rekomendasi yang diberikan Bawaslu kepada Komisi ASN yang kemudian memberikan sanksi tegas bagi pelanggar.

“Soal tindak pidana Pemilu sampai hari ini, bahkan masih berjalan satu kasus di Kota Manado yang sudah dilimpahkan ke kepolisian,” tandasnya.

Ardiles menyampaikan contoh lainnya seperti kasus pelanggaran administrasi di Kota Tomohon Caleg diduga mantan terpidana yang direkomendasi ke KPU untuk diverifikasi kembali.

“Itu gambaran saja, paling tidak itu sebagai bagian dari pertanggung-jawaban kepada publik bahwa hal-hal ini yang sudah kami (Bawaslu) kerjakan,” terang Ardiles. (***/Jrp)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *