Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSulawesi Utara

Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya Buka Perlombaan Bela Diri Taktis Kodam XIII/Merdeka

×

Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya Buka Perlombaan Bela Diri Taktis Kodam XIII/Merdeka

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya membuka perlombaan lomba Bela Diri Taktis (BDT) Kodam XIII/Merdeka, Senin (10/6/2024) di Grhadika Jaya Sakti Makodam XIII/Merdeka.

Bela Diri Taktis ini merupakan terobosan dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto guna mengantisipasi berbagai macam kejadian untuk melatih kemampuan bela diri setiap prajurit TNI Angkatan Darat.

MANTOS MANTOS

Perlombaan Bela Diri Taktis (BDT) ini merupakan gagasan Pangdam XIII/Merdeka selain dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kodam XIII/Merdeka juga untuk mengukur dan menunjukkan kemampuan perorangan prajurit yang telah dilatih.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dalam sambutannya mengatakan seperti kita ketahui bersama, bahwa BDT sudah menjadi Bela Diri khas prajurit TNI, sehingga wajib dikuasai oleh setiap prajurit TNI.

“Saya berharap anda berlatih Bela Diri Taktis dan masing masing punya kemampuan bela diri lainnya sesuai dengan pilihan masing masing,” kata Pangdam.

Kemampuan bela diri diperlukan bagi setiap prajurit Kodam XIII/Merdeka, karena tidak hanya berguna menghadapi ancaman terhadap dirinya tetapi juga memberikan kepercayaan diri dalam menghadapi perkelahian jarak dekat baik dalam pertempuran maupun tindakan pengamanan, selain itu Bela Diri Taktis juga diperlukan untuk mempertahankan hidup.

Baca Juga:  Kapolda Copot Sejumlah Pejabat Polresta Manado

“Untuk itu latihlah kemampuan bela diri ini agar kita bisa, paling tidak melindungi diri sendiri dan orang orang terdekat kita,” ujarnya.

Pangdam menyampaikan, bahwa hari ini kita laksanakan lomba Bela Diri Taktis termasuk di satuan satuan jajaran wilayah Kodam XIII/Merdeka.

“Saya berterima kasih kepada seluruh satuan dan balakdam yang sudah mempersiapkan ini, mudah mudahan latihan Bela Diri Taktis mu itu tidak hanya dalam rangka pertandingan ini tapi betul betul terus dilatih sehingga kita makin lama makin baik,” tandas Mayjen TNI Candra Wijaya.

Sementara itu, Kajasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Horas Sitinjak selaku Ketua Penyelenggara Lomba BDT Kodam XIII/Merdeka menyampaikan, pada perlombaan Bela Diri Taktis (BDT) ini, masing masing satuan ditunjuk untuk menyiapkan prajurit terbaiknya dalam mengikuti perlombaan kali ini.

Baca Juga:  Terima Vaksinasi Covid-19, Ini Komentar Pengusaha Hengky Wijaya

Selain itu, ketangkasan gerak dasar perorangan dan kekompakan tim yang menjadi tolak ukur dalam penilaian perlombaan Bela Diri Taktis.

“Saat ini personil yang diturunkan untuk mengikuti perlombaan Bela Diri ada 20 Kontingen untuk jajaran Kodam XIII/Merdeka wilayah Provinsi Sulawesi Utara, sedangkan untuk wilayah Provinsi Gorontalo 3 Kontingen dan Provinsi Sulawesi Tengah 4 Kontingen,” kata Kajasdam.

Terlihat masing masing satuan sangat antusias dan bersemangat tampil menjadi yang terbaik pada pertandingan yang mengusung tema TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, Adaptif).

Kegiatan ini dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Chb Gerson Kapoh dan Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick.(Regwilnnlhy)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *