BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSangiheSitaroSulawesi UtaraTalaud

Danrem Santiago Berangkatkan Satgas Operasi Pamputer Tahun 2024

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip memberangkatkan prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) Kodam XIII/Merdeka tahun 2024, Rabu (12/6/2024) di Markas Korem 131/Santiago.

Dalam amanatnya, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip menyampaikan apresiasi dan rasa bangga serta mengucapkan selamat bertugas kepada para prajurit yang telah mendapatkan kepercayaan dari pimpinan, bangsa dan negara sebagai Satgas Operasi Pengamanan pulau pulau kecil terluar NKRI di wilayah perbatasan langsung dengan negara Philipina.

Tugas pengamanan ini adalah tugas kita semua sebagai aparat negara, hanya saja saat ini dalam pelaksanaan pengamanan pulau pulau kecil terluar prajurit TNI AD yang diberi kehormatan sebagai leading sektor, namun dalam penerapannya di lapangan dikolaborasikan dengan aparat terkait baik sesama aparat TNI atau Polri dan instansi terkait lainnya, agar tugas operasi pengamanan ini dapat berjalan secara optimal.

Tugas operasi merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kalian, karena tidak setiap prajurit memiliki kesempatan untuk dapat menunaikan tugas seperti yang kalian dapatkan sekarang ini.

“Untuk itu tunjukkan bahwa kalian adalah prajurit kebanggaan Kodam XIII/Merdeka yang akan selalu berhasil dalam melaksanakan tugas negara dimanapun dan kapanpun,” ujar Danrem.

Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip mengingatkan kepada unsur pimpinan agar melaksanakan pengawasan dan pengendalian kepada seluruh prajurit Satgas, agar dapat menunjukkan sikap dan tindakan yang baik dalam setiap kegiatan.

“Sebagai Dankolaops saya tekankan kepada seluruh personel Satgas Ops Pam pulau pulau kecil terluar agar menjaga citra dan nama baik satuan dalam setiap penugasan, menghindari terjadinya pelanggaran sekecil apapun, kemudian jangan pernah menyakiti hati rakyat dan terus berupaya untuk dapat membantu kesulitan masyarakat di sekitar tempat kalian bertugas,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh personel Satgas Ops Pam pulau pulau kecil terluar, untuk terus melaksanakan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan instansi lain, baik TNI Angkatan Laut maupun unsur kepolisian untuk bersama sama bertugas sehingga tercipta kerjasama yang baik.

“Keberadaan kalian di daerah tersebut harus benar benar dapat memberikan kontribusi yang positif bagi TNI dalam menjalankan tugas menjaga kedaulatan setiap jengkal tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” kata mantan Dandim 0501/Jakarta Pusat itu.

Mantan Danyonif 122/Tombak Sakti itu menjelaskan, diketahui bersama bahwa pulau pulau kecil terluar NKRI yang berada di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka, yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud adalah merupakan wilayah yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan negara tetangga Philipina. Sebagai jalur perlintasan para pelintas batas Indonesia dan Philipina, wilayah tersebut tentu memiliki potensi ancaman antara lain adanya pelaku pelintas batas ilegal, penyelundupan dan perdagangan gelap, serta tindak kejahatan lintas negara.

Selain itu, kalian harus memahami betul tentang situasi dan kondisi wilayah perbatasan di pulau pulau kecil terluar NKRI di Provinsi Sulawesi Utara dengan segala dinamika yang berkembang saat ini.

“Berkenaan dengan itu saya sampaikan kepada para Danpos dan anggota Satgas Ops Pengamanan Pulau Pulau Kecil Terluar yang baru, agar laksanakan pergeseran pasukan dan serah terima secara detail dengan Satgas lama sehingga Satgas yang baru mengerti serta memahami tugas dan tanggung jawab di pos masing masing,” pungkas Perwira Tinggi TNI-AD yang sejak 4 Mei 2024 mengemban amanat sebagai Komandan Korem 131/Santiago itu.

Kegiatan ini dihadiri Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Agus Wahyudi, Aslog Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Fajar Ali Nugraha, Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Sigfried Panaha, Waasops Kasdam XIII/Merdeka Letkol Inf Lawdewick, Danyonif 712/Wiratama Letkol Inf Mukhammad Yusron, Danyonzipur 19/YKN Letkol Czi Nazaruddin, Danyonarmed 19/Bogani Letkol Arm Dony Romansah dan para tamu undangan. (Regwilnnlhy)

 

Exit mobile version