AgamaBeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSulawesi Utara

Pangdam dan Keluarga Besar Kodam XIII/Merdeka Gelar Sholat Idul Adha Bersama dan Pemotongan Hewan Kurban

MANADO,MANADONEWS.CO.ID– Hari raya Idul Adha 1445 H/2024 M yang jatuh pada Senin (17/6/2024) turut dirayakan oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dan Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Fenty Candra Wijaya beserta keluarga besar Kodam XIII/Merdeka melaksanakan sholat Idul Adha bersama dengan umat islam yang tinggal di sekitar Markas Kodam XIII/Merdeka.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1445 H/2024 M kali ini mengusung tema “Semangat Berkurban Untuk Ketaatan dan Kepedulian Kepada Sesama”.

Bertindak sebagai Imam sekaligus Khotib Hamka Dondo yang membawakan ceramah tentang hakekat kurban membunuh sifat sifat hewaniyah dalam diri seorang muslim.

Dalam ceramahnya Hamka Dondo mengajak kepada seluruh jamaah sholat Idul Adha untuk mengambil hikmah dan makna dari peringatan Hari Raya Idul Adha atau yang dikenal dengan Hari Raya Kurban, dimana jika kita renungkan ternyata berkurban ini mengandung pelajaran bahwa untuk memperoleh keridhaan Allah swt itu perlu pengorbanan sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim as dan anaknya.

“Melalui peristiwa penting Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail As tentang perintah Allah swt untuk berkurban, mari kita teladani sebagai bentuk ketakwaan dan keteladanan kita dengan meninggalkan segala bentuk kedengkian yang melekat pada diri kita. Mari kita galang kebersamaan, persatuan dan kesatuan untuk bersama sama membangun bangsa dan negara yang kita cintai bersama,” ujar Hamka Dondo.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengatakan, Idul Adha atau juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban dilaksanakan untuk mengingatkan umat Nabi Muhammad SAW, bahwa harta di dunia ini hanyalah sekedar titipan dari Sang Maha Kuasa, sehingga umatnya dilarang untuk mencintai harta benda yang mereka miliki secara berlebihan.

“Ini juga merupakan wujud keikhlasan dari umat manusia untuk berbagi dengan sesamanya melalui pembagian daging hewan kurban, dan dengan proses penyembelihan hewan kurban ini yang disertai doa, diharapkan nantinya menjadi simbol terbuangnya kecongkakan dan hawa nafsu manusia akan harta duniawi,” kata Pangdam.

Pangdam berharap kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka agar momentum Idul Kurban ini dapat diaktualisasikan dalam pelaksanaan tugas sehari hari melalui semangat rela berkorban demi satuan, rakyat, bangsa dan negara.

“Atas nama prajurit dan PNS serta segenap umat Islam warga Kodam XIII/Merdeka, saya serahkan hewan kurban ini kepada panitia penyembelihan hewan kurban untuk disembelih dan didistribusikan dagingnya kepada yang berhak menerima,” tandas Mayjen TNI Candra Wijaya.

Setelah selesai melaksanakan sholat idul adha kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, Pangdam XIII/Merdeka menyerahkan secara resmi satu ekor sapi secara simbolis kepada Kasetumdam XIII/Merdeka Letkol Inf Ayidin Pakaya selaku wakil ketua panitia untuk dilakukan penyembelihan.

Adapun jumlah hewan kurban hari ini sebanyak 8 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang berasal dari Pangdam XIII/Merdeka, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka, Danrem 132/Tadulako, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Waaslog Kasdam XIII/Merdeka, Danyonif 712/Wiratama, Dankikav 10/MSC, Pabandya Rendiaga Spersdam XIII/Merdeka, Kasmin Pangdam XIII/Merdeka beserta keluarga, keluarga besar Korem 132/Tadulako serta sumbangan dari PT.Trinusa Group.

Kegiatan ini dihadiri Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Pjs Irdam XIII/Merdeka Kolonel Arm Ali Nabhan, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, para Asisten Kasdam dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Lo AL kodam XIII/Merdeka Kolonel Laut (KH) Marcelino Sompotan, Lo AU Kodam XIII/Merdeka Kolonel (Pas) M. Fahromy, Kapuskodalopsdam XIII/Merdeka Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kasansidam XIII/Merdeka Letkol Cke Gerson Kapoh, Wakil Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Ati Yustinus, para Ketua Persit KCK Cabang dan Ranting serta pengurus Persit KCK jajaran PD XIII/Merdeka. (Regwilnnlhy)

 

Exit mobile version