AgamaBeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSulawesi Utara

Korem Santiago Gelar Sholat Idul Adha 1445 H Sekaligus Penyembelihan 9 Hewan Kurban

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip bersama seluruh prajurit, PNS serta masyarakat setempat melaksanakan sholat Idul Adha 1445 H/2024 M di lapangan Makorem 131/Santiago, Senin (17/6/2024).

Dengan mengusung tema “Semangat Berkurban Untuk Ketaatan dan Kepedulian Kepada Sesama”, bertindak sebagai Imam Kepala KUA Kecamatan Mapanget Husnan Yoyatan dan Khotib Anggota DPD RI Djafar Alkatiri.

Khotib Djafar Alkatiri dalam ceramahnya mengatakan bahwa, umat muslim harus bisa mengambil nilai keteladanan Nabi Ibrahim As dan putranya Nabi Ismail As, yaitu dalam mencapai tujuan mulia dibutuhkan suatu pengorbanan.

“Kita sebagai umat Islam mengambil makna keteladanan keduanya, yakni Nabi Ibrahim As yang rela mengorbankan anaknya untuk disembelih, dan Nabi Ismail As yang patuh dan rela menuruti kehendak ayahnya hingga akhirnya diganti Allah dengan seekor domba. Semoga hikmah Idul Adha ini selain bisa meningkatkan keimanan, juga menumbuhkan kasih sayang terhadap sesama,” ujarnya.

Sementara itu, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip dalam wawancaranya, mengatakan sholat Idul Adha merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Korem 131/Santiago, mengingat disekitar Makorem masih ada pemukiman warga, hotel dan supermarket. Sehingga tidak ada pilihan lain lokasi atau tempat pelaksanaan sholat yang paling efisien adalah di Makorem 131/Santiago.

Selain itu juga untuk menjalin silaturahmi dan membentuk komunikasi yang baik sebagai bentuk Kemanunggalan TNI dengan masyarakat sekitar Makorem 131/Santiago.

“Di Korem setiap tahun dilaksanakan sholat Idul Adha khususnya di sekitar Makorem ini dan ini dilaksanakan sangat banyak yang beribadah untuk sholat Idul Adha bersama,” kata Danrem.

Perwira tinggi TNI-AD yang sejak 4 Mei 2024 mengemban amanat sebagai Komandan Korem 131/Santiago ini, menyampaikan bahwa, pada hari Raya Idul Adha dihimbau kepada umat Islam yang telah mampu untuk berkurban. Hal itu merupakan syariat sekaligus untuk mengingatkan umat manusia bahwa setiap perjuangan memerlukan pengorbanan serta keikhlasan.

“Di hari raya Idul Adha tahun 2024 Korem 131/Santiago melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak 9 ekor terdiri dari 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang nantinya daging tersebut akan kita bagikan kepada kaum dhuafa dan masyarakat di sekitar Makorem ini,” kata martin.

Menurut Danrem, makna hari raya Idul Adha sekaligus juga mengisyaratkan bentuk kepedulian Korem 131/Santiago terhadap sesama umat dan antar umat beragama untuk nantinya bisa saling bekerja sama dalam beribadah dan saling bertoleransi antar umat beragama khususnya di wilayah Sulawesi Utara ini.

“Saya berharap makna Idul Adha atau Idul Kurban ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari sebagai keikhlasan prajurit Korem 131/Santiago dalam menjalankan tugasnya demi negara dan bangsa yang kita cintai bersama,” pungkas Martin Susilo Martopo Turnip.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, Danrem 131/Santiago menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada panitia kurban Bintalrem 131/Santiago untuk nantinya dipotong dan dagingnya di bagikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan ini dihadiri Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Agus Wahyudi Irianto, Kasiintel Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Eko Pristiono, Kasilog Kasrem 131/Santiago Kolonel Cpl Hary Mulyadi, Kasiren 131/Santiago Letkol Inf Wasono Handayani, Kasipers Kasrem 131/Santiago Letkol Kav Yudi Koswara, Kasiter Kasrem 131/Santiago Letkol Inf Lucky Sonny Maramis, para Dan/Kabalak Korem 131/Santiago. (Regwilnnlhy)

Exit mobile version