Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaManadoSulawesi Utara

Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya Terima Kunjungan Kuliah Kerja Pasis Sekkau A-115 di Makodam Merdeka

×

Pangdam Mayjen TNI Candra Wijaya Terima Kunjungan Kuliah Kerja Pasis Sekkau A-115 di Makodam Merdeka

Sebarkan artikel ini

MANADO,MANADONEWS.CO.ID- Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya menerima kunjungan kuliah kerja Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Komando TNI Angkatan Darat (Sekkau) Angkatan ke-115 Tahun 2024, Rabu (10/7/2024) di Grhadika Jaya Sakti Markas Kodam XIII/Merdeka.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang terkait dengan tema kuliah yaitu “Pertahanan Nasional Dalam Mengamankan Ibukota Nusantara” itu dipimpin langsung oleh Dansekkau Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo.

MANTOS MANTOS

Perwira Pasis Sekkau A-115 berjumlah 151 orang terdiri dari 140 orang TNI Angkatan Udara, 4 orang TNI Angkatan Darat, 4 orang TNI Angkatan Laut, 1 orang Tentera Udara Diraja Malaysia, 1 orang Tentara Kamboja, 1 orang Tentara Philipin.

Kegiatan ini dihadiri Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wakhyono, Dirdik Kodiklatau Marsma TNI Ferdinand Roring, Danlanudsri Manado Marsma TNI Ramot Sinaga, Asrendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Marsana, Asops Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Kolonel Inf Ryan Hanandi, Aslog Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Fajar Ali Nugraha, Aspers Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Ardian Patria Chandra, Lo AL kodam XIII/Merdeka Kolonel Laut (KH) Marcelino Sompotan dan Lo AU Kodam XIII/Merdeka Kolonel (Pas) M. Fahromy.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Komando TNI Angkatan Darat (Sekkau) di markas Kodam XIII/Merdeka, disertai harapan semoga kedepan para Pasis sekalian dapat belajar sesuatu disini.

Baca Juga:  Tempat Ibadah Jadi Sasaran Karya Bakti Rindam Merdeka

“Suatu kehormatan bagi kami, bahwa Kodam XIII/Merdeka merupakan salah satu sasaran kuliah kerja Pasis Sekkau A-115 tahun 2024,” kata Pangdam.

Pangdam berharap kepada seluruh Pasis Sekkau peserta kegiatan kuliah kerja ini untuk dapat memanfaatkan kegiatan kuliah kerja ini dengan sebaik baiknya agar dapat menjadi pengalaman dan sumber belajar yang berguna.

“Untuk itu belajarlah yang serius dan sungguh sungguh, capai prestasi yang sebaik mungkin, dan bukan asal lulus sehingga Perwira Angkatan Udara lulusan Sekkau benar benar memiliki kelebihan, baik dari segi pengetahuan, wawasan, kemampuan manajerial dan kepemimpinan lapangan maupun teknis dan taktis kesatuan TNI AU,” ujar alumni Akademi Angkatan Darat tahun 1991 ini.

Dalam kegiatan tersebut, Asops Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Inf Ryan Hanandi memaparkan tentang Keberadaan Kodam XIII/Merdeka dan penataan postur TNI AD tahun 2025 di wilayah Kodam XIII/Merdeka.

Selain itu Asops juga menyampaikan terkait lingkungan strategis dan Satuan Tugas (Satgas) Operasi Pengamanan Pulau Terluar Kodam XIII/Merdeka.

Dijelaskannya, bahwa pulau Miangas, pulau Marore, pulau Marampit, pulau Kawaluso dan pulau Kabaruan yang merupakan tanggung jawab Kodam XIII/Merdeka memiliki wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina.

Baca Juga:  Disepakati Pemkab Minahasa dan Bank Indonesia, Makam Tuanku Imam Bonjol akan Dipugar

Dikatakannya, letak yang strategis tersebut, berpotensi kerawanan terjadinya berbagai tindakan kejahatan lintas negara yang bisa menimbulkan kerugian dan mengganggu kedaulatan negara Republik Indonesia, diantaranya Illegal Fishing, Pelintas Batas Illegal, Penyeludupan barang Illegal dan Potensi Human Trafficking.

Oleh karena itu, keberadaan Satgas Pamputer Kodam XIII/Merdeka di pulau Miangas, pulau Marore, pulau Marampit, pulau Kawaluso dan pulau Kabaruan, tentu dapat menjadi tindakan preventif guna mencegah segala kemungkinan ancaman serta menjadi salah satu bentuk upaya membantu pemerintah Indonesia dalam menjaga keutuhan wilayah maupun kedaulatan bangsa Indonesia.

“Kehadiran Satgas Pamputer telah banyak memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat, bahkan masuknya permintaan Pemerintah Kabupaten untuk menempatkan personel Satgas Pamputer di Pulau-pulau lainnya. Tidak hanya merasa aman dari aspek Hankam tetapi membantu mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat khususnya pada pelayanan, pendidikan, bantuan kesehatan dan ketahanan pangan serta meminimalisir terjadinya tindak kejahatan berupa penyelundupan barang-barang illegal, mengurangi terjadinya pencurian kekayaan laut dan mengurangi terjadinya pelintas batas illegal dari Philipna,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan kuliah kerja ini adalah untuk melaksanakan kurikulum pendidikan Sekkau yaitu kuliah kerja dengan mengunjungi beberapa objek, salah satunya adalah Kodam XIII/Merdeka. (Regwilnnlhy)

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *