Jokowi Ungkap Ada Sekitar 42.000 Aturan Pusat dan Daerah Serta 3.000-an Perda Penghambat Investasi

  • Whatsapp
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Manadonews/Demsi).
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Manadonews/Demsi).
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Manadonews/Demsi).

JAKARTA, MANADONEWS – Masih banyaknya regulasi yang membelit iklim investasi di Indonesia, diungkapkan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), saat  menutup  Apkasi International Trade and Investment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, (7/5).

“Kita negara besar, tetapi kecepatan kita untuk bertindak dihambat aturan sendiri. Saat ini ada sekitar 42.000 aturan pusat dan daerah. Dengan aturan sebanyak ini, kecepatan bertindak jadi lambat. Padahal perubahan global sangat cepat,” ungkap Jokowi dalam kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Jokowi pun berharap, paket kebijakan ekonomi yang digulirkan pemerintah pusat, kiranya mampu ditindaklanjuti daerah lewat Peraturan Daerah (Perda) yang berkualitas dan tidak menghambat iklim investasi.

“Sekarang ada paket deregulasi ekonomi satu sampai dua belas. Mestinya paket-paket tersebut ditindaklanjuti oleh daerah dalam implementasi aturan daerah. Jangan buat aturan yang justru menghambat gerak kita. Saat ini ada 3.000-an Perda yang justru menghambat investasi,” tambahnya. (stkb)

Baca Juga:  Fatoni Sebut Demokrasi Pemilu Tanggung Jawab Bersama

Demsi Lumendek

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *