Koordinator Upsus Sulut: Petani Bolmong Raya Harus Segera Tanam Padi

Jalannya pertemuan di markas Kodim 1303 Bolmong/
Jalannya pertemuan di markas Kodim 1303 Bolmong/
Jalannya pertemuan di markas Kodim 1303 Bolmong/

KOTAMOBAGU, MANADONEWS – Para petani di wilayah Bolaang Mogondow (Bolmong) Raya harus segera tanam padi.

Koodinator Upaya Khusus (Upsus) Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus tim pendamping pusat Upsusu PJK TNI AD Dr Dedy Nursayamsi mengatakan urgensitas kegiatan itu didasari  atas prediksi BMKG, wilayah Bolmong Raya, kecuali Bolmong Selatan (Bolsel) pada awal Oktober, musim kemarau akan mulai pada bulan Juni dasarian pertama hingga dasarian kedua, tanggal 1 hingga 20 Juni.
“Dengan demikian maka petani di Bolmong harus segera melaksanakan percepatan tanam padi sehingga diharapkan sebelum musim kemarau tiba, petani selesai tanam padi,” terang Dr. Dedy saat berkunjung di markas Kodim 1303/Bolaang Mongondow, Jumat (27/5).
Kegiatan mulai tanam padi, kata Dr. Dedy, terutama ditujukan kepada petani yang baru saja panen di akhir April-akhir Mei ini
Dikatakan Dr. Dedy, BMKG juga memprediksi sifat hujan di Bolmong Raya itu normal bahkan cenderung di atas normal untuk beberapa kabupaten di sebelah timurnya, yaitu di Minahasa.
Hal ini terkait dengan fenomena La-Nina (basah) yang peluangnya semakin menguat sejak bulan Juni depan.
“Jadi intinya untuk mengamankan produksi maka kita harus lakukan percepatan tanam di musim kemarau ini,” ujarnya.
Dandim 1303 Letkol Inf S. Sihotang menjelaskan capaian LTT pada MT OKMAR 2015/2016 yang lalu dan bertekad untuk mendorong petani pada MT ASEP 2016.

Dandim juga  menjanjikan minggu depan akan mengumpulkan para Danramil dan Kadistan untuk melaksanakan rapat bersama.(*/Fik)

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Kandouw Apresiasi Bantuan Kerjasama Kusta Belanda-Indonesia

 

Pos terkait