Jelang Lebaran BI Siapkan Rp1,82 Triliun

Foto Pejabat Utama BI usai Press conference (6/6)

Foto Pejabat Utama BI usai Press conference (6/6)

MANADO, MANADONEWS – Jelang lebaran kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjaga ketersediaan uang,

Bacaan Lainnya

jelang lebaran BI mempersiapkan uang kartal sebesar Rp.1,82 triliun. Menjelang masuknya bulan ramadhan, kebutuhan uang di masyarakat cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Kondisi tersebut merupakan implikasi dari meningkatnya aktivitas ekonomi secara umum.

Dalam hal ini, BI selaku otoritas sistem pembayaran senantiasa menjamin ketersediaan uang rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dalam kondisi layak edar. Pada lebaran tahun 2016 ini, Bank Indonesia memproyeksikan kebutuhan uang kartal yang terdiri dari penarikan perbankan dan penukaran uang kecil masyarakat di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo mengalami peningkatan 14 % dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Hadiri Sarasehan Nasional BI, Gubernur Sulut Olly Dondokambey Sampaikan Gagasan dan Harapan Pemerintahan OD-SK

Kepala kantor perwakilan BI Sulut Peter Jacobs mengatakan secara nominal, Bank indonesia telah mempersiapkan uang kartal sebesar rp.1,82 trilyun naik dari tahun sebelumnya yang sebesar rp.1,57 triliun.

“Persiapan tersebut bertujuan untuk menjamin kelancaran transaksi masyarakat Sulawesi utara dan Gorontalo yang pada akhirnya memberikan impact positif terhadap perekonomian secara positif,” tukasnya.

Dikatakannya Bank Indonesia bersama perbankan juga akan melaksanakan kegiatan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya terhadap uang pecahan kecil.

AP

Pos terkait