84 Bakal Calon Kumtua Uji Kelayakan

Denny Mangala
Denny Mangala
Denny Mangala

TONDANO, MANADONEWS – Para bakal calon Hukum Tua (Kumtua) yang tersebar di 13 Desa di enam Kecamatan, pada Rabu (29/6) kemarin, mengikuti uji kompetensi yang dilakukan oleh panitia Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) tingkat Kabupaten, dibawah pimpinan Asisten I Setdakab Minahasa, Denny Mangala.

Dalam uji kompetesi ini, sebanyak 84 bakal calon Kumtua ikut serta, dengan delapan materi yang menjadi pokok pengujian, yakni Pancasila dan Wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, hukum dan perundang-undangan, kebijakan/program Pemkab, pemerintahan Desa, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat Desa. Selain itu, uji kompetensi dilakukan disejumlah lokasi berbeda, yakni di Kantor BPMPD Minahasa, Kantor Inpektorat, dan ruang di kerja Asisten I Setdakab Minahasa.

Bacaan Lainnya

Adapun ke-84 bakal calon Kumtua ini berasal dari Desa Rambunan Amian Kecamatan Sonder, Desa Warembungan dan Sea Mitra Kecamatan Pineleng, Desa Tikela, Rumengkor I dan Rumengkor II Kecamatan Tombulu, Desa Manembo Kecamatan Langowan Selatan, Desa Koha Barat, Tateli, Tateli II dan Tateli III Kecamatan Mandolang, serta Desa Lolah dan Lolah I Kecamatan Tombariri Timur.

Baca Juga:  Pemkab Serius Tepati Janji, Ini Tanggapan Disdik Bolmong

Terkait kegiatan ini, Mangala mengatakan bahwa uji kompetensi ini merupakan bagian dari seleksi tambahan untuk menjadi calon Kumtua pada Pilhut serentak 2016 di Minahasa, namun hanya berlaku pada Desa yang bakal calon Kumtuanya lebih dari lima orang.

“Pada Jumat 1 Juli nanti, Panitia Pilhut Tingkat Kabupaten akan mengeluarkan rekomendasi terkait hasil dari bakal calon yang telah diuji kompetensi dan akan diserahkan kepada Panitia Pilhut Tingkat Desa, dimana rekomendasi ini akan menjadi dasar bagi Panitia Tingkat Desa untuk menetapkan lima calon Kumtua yang berhak dipilih rakyat nantinya,” terang Mangala.

Diketahui, sesuai Perbup maka sebanyak 80 Desa di Minahasa akan melaksanakan Pilhut pada Tahun 2016 ini.

Fransiscus

Pos terkait