Kendaraan Hilang di Lokasi Parkiran, Pemilik Bisa Gunakan Aturan Hukum Ini

Karcis masuk motor di RSUP Prof Kandou Manado/Foto: dok. manadonews
Karcis masuk motor di RSUP Prof Kandou Manado/Foto: dok. manadonews

MANADO, MANADONEWS – Hingga saat ini bukan sedikit kendaraan yang rusak bahkan hilang di lokasi perpakiran. Padahal pemilik atau pengendara masuk ke lokasi sambil membayar karcis masuk.

Setiap ada kehilangan atau kerusakan, biasanya pihak pengelolah perparkiran lepas tanggung jawab. Dasarnya, adanya ketentuan yang tertera di karcis masuk. Pada bagian ketentuan nomor 1 disebutkan “Kehilangan dan kerusakan helm atau barang pada kendaraan bukan tanggung jawab pengelolah.”

Jika sudah begini, pemilik kendaraan sudah pasti berada pada posisi ‘dirugikan.’

Sebetulnya pemilik atau pengendara, termasuk pemilik dan pengendara yang ada di Sulut ini, wajib menuntut tanggungjawab pihak pengelolah. Dan itu ada landasan hukumnya. Aturan yang biasanya dijadikan rujukan dalam kasus kehilangan kendaraan di tempat perparkiran dengan menggunakan karcis pakir adalah Putusan MA No 3416/Pdt/1985.

Di Putusan tersebut, majelis hakim mengatakan bahwa perparkiran adalah perjanjian penitipan barang. Dengan demikian, kehilangan kendaraan adalah tanggung jawab sepenuhnya pengusaha parkir.

Pihak pengelolah perparkiran pun dapat digugat secara perdata karena Perbuatan Melawan Hukum berdasarkan pasal 1365, 1366, dan 1367 KUHPer. Ketiga pasal itu intinya mengatakan bahwa kehilangan yang disebabkan kelalaian haruslah diganti.

Baca Juga:  Panglima TNI Dampingi Menhan RI Terima Alat Kesehatan Bantuan Dari RRT

Fik