Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaBudayaManadoPemerintahan

Malam Penganugrahan AFI 2016 Sukses Digelar, Olly: Ini Pertama Kali Dilaksanakan di Sulut dan Kami Bangga

×

Malam Penganugrahan AFI 2016 Sukses Digelar, Olly: Ini Pertama Kali Dilaksanakan di Sulut dan Kami Bangga

Sebarkan artikel ini
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof.Dr Muhadjir  Effendy,MAP dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE serta Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, saat menghadiri puncak malam penganugrahan AFI 2016. (Ist)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof.Dr Muhadjir Effendy,MAP dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE serta Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, saat menghadiri puncak malam penganugrahan AFI 2016. (Ist)

 

MANADO, MANADONEWS – Puncak acara penganugerahan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016, sukses diselenggarakan di Grand Kawanua International Centre (GKIC), Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

MANTOS MANTOS

Sukses penyelenggaraan AFI 2016 tersebut, menuai pujian Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang dalam sambutannya mengatakan, menjadi kebanggaan bagi Sulut dengan dilaksanakannya penganugerahan AFI 2016,  di bumi Nyiur Melambai ini.

“Maka atas nama Pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada panitia pelaksana yang telah bekerja extra keras, serta telah turut memfasilitasi dan mendukung terlaksananya agenda ini, sekaligus terhadap perkembangan dunia perfilman Indonesia ke depan,” puji Gubernur.

“Ini untuk pertama kali dilaksanakan di Sulut dan kami sangat bangga,” tambah Olly.

Lanjut  Gubernur,  bercerita tentang film , tentunya kita bercerita tentang budaya, karena film merupakan diplomasi kebudayaan maka kita sepakat  bahwa kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat.

Gubernur ketika membacakan salah satu pemenang AFI 2016. (Ist)
Gubernur ketika membacakan salah satu pemenang AFI 2016. (Ist)

 

“Karena faktor ini yang mendorong perekonomian terutama bidang pariwisata dan budaya di Sulut. Dengan dilaksanakannya malam penganugrahan AFI  ini, akan membawa dampak besar kunjungan wisatawan ke Sulut. Dan kepada para para pemenang di setiap kategori nominasi yang ada, saya ucapkan selamat dan sukses, kiranya piala Dewantara yang diraih akan senantiasa menghadirkan karya-karya terbaik bagi perkembangan dunia perfilman di tanah air,” ujarnya.

Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengatakan, AFI memasuki tahun ke- 5, dimana awal penyelenggaraan di tahun 2012 di Sentul, Bogor Jawa Barat, penyelenggaraan ke-2 tahun 2013 diJakarta, yang ke-3 tahun 2014 di Medan, penyelenggaraan ke-4 tahun 2015  di Yogyakarta dan tahun 2016 ini dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara.

Menurutnya, ini bentuk apresiasi film-film indonesia yang bertemakan nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa. Pemberian itu juga kata Muhadjir, telah berhasil meningkatkan standar etis, moral, estetis dan artistik karya film yang membangun karakter bangsa serta menunjukkan keluhuran budaya Indonesia di mata dunia.

Maman Wijaya selaku Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, penghargaan AFI 2016 terdiri dari 21 kategori meliputi, penghargaan khusus ada 9 kategori, penghargaan utama terdiri dari 10 kategori, penghargaan inspiratif 2 kategori dari kategori umum tersebut telah mendaftar 276 film indonesia dengan 246 yang lolos seleksi nominasi tiap kategori telah di tetapkan dewan juri yang pemenangnya diumumkan malam ini.

“Semoga kegiatan ini dapat diterima dan bermanfaat serta memajukan perfilman Indonesia sehingga semakin berkualitas dan dapat bersaing di dunia internasional,” ujarnya.

(Ist)
(Ist)

 

Dalam kesempatan ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof.Dr Muhadjir  Effendy,MAP dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE serta Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw, turut membacakan dan meyerahkan piala  kepada para pemenang.

Acara ini dimeriahkan oleh penyanyi Ibukota antara lain, Ruth Sahanaya,  Andira , Sarah Idol dan Bisma Smash.

Turut hadir dalam malam puncak penganugrahan tersebut, Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, dr Kartika Devi Kandouw -Tanos MARS, Wakil Ketua OJK RI, Ketua DPRD Sulut, Forkopimda, Bupati dan Walikota, tamu undangan dan para artis Ibukota diantaranya Rima Melati, Widyawati, Marini, Popy Syarif, Kiniaryosi, Karina Salim, Donni Damara, Dadang C Noer, dan Tengku Zacki.

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *