Masyarakat Dihimbau Taati Waktu Buang Sampah

  • Whatsapp

img_20161105_130405

Kabag hums pemkot Tomohon.

Tomohon manadonews.

Dambaan dan harapan semua insan adalah menikmati lingkungan yang asri, bersih dan nyaman. Oleh karena itu Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak selalu menghimbau dan mengingatkan soal budaya hidup bersih dan sehat kepada seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon termasuk para pengunjung yang mampir atau melewati Kota Tomohon untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kebersihan ketika berada di Kota ini bahkan di manapun kita berada.

Begitupun dengan anjuran untuk mentaati peraturan dalam hal waktu membuang sampah agar diperhatikan dan dilaksanakan sehingga tidak merusak pemandangan dan mempengaruhi kesehatan yang selaras dengan upaya meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih yang berdampak luas secara langsung ke masyarakat dan menjadi cerminan hidup selaku orang beriman.

Terkait hal tersebut melalui pamflet yang telah disebarkan sebelumnya serta imbauan jam mengeluarkan dan membuang sampah yang harus dipatuhi. “Instansi terkait dalam hal ini Dinas Tata Ruang Pertamanan dan Persampahan (Tarumansa) telah mangatur jadwal jam buang sampah dan waktu penagangkutan oleh petugas yakni hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 21.00 – 01.00 Wita untuk wilayah Utara dan untuk wilayah Selatan Senin, Rabu Jumat pukul 21.00 – 01.00 Wita,” terang Kabag Humas Pemkot Tomohon F F Lantang SSTP.

Baca Juga:  Bupati ROR Sentil tentang Kerendahan Hati di HUT ke- 69 SAG Sulutteng

Seterusnya Walikota murah senyum ini, mengingatkan apabila mendapati ada Kendaraan Dinas Pemerintah Kota Tomohon ataupun kendaraan umum yang sengaja membuang sampah dari kendaraannya, maka kendaran tersebut akan ditidak dan untuk kendaraan dinas akan ditarik dari penggunaan dinas tersebut, siapapun penggunanya.

“Sebagai aparatur Pemerintah dan masyarakat yang cerdas dan terdidik, tentu harus menjadi contoh dan teladan yang baik bagi seluruh komponen masyarakat dalam segalah hal termasuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, begitu juga kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya, agar tidak membuang sampah sembarangan atau membuang sampah dari kendaraan ketika melewati Kota Tomohon dan sekitarnya.

Hal ini menindak lanjuti upaya keras Pemerintah Kota Tomohon untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar yang nantinya akan berimplikasi langsung pada kesehatan dan peningkatan kreativitas dan inovasi masyarakat Kota Tomohon. Seiring dengan banyaknya kunjungan wisatawan yang menikmati keindahan dan kesejukan Kota Tomohon.

Hal ini juga untuk menyikapi adanya masyarakat yang membuang sampah sembrangan dan tidak pada jadwal pengangkutan sampah seperti pada hari minggu ataupun pada hari-hari libur. Oleh karena itu melalui Kabag Humas & Protokol Kota Tomohon FF Lantang

Baca Juga:  Dandes Wiau Lapi Barat Difokuskan Untuk Pembangunan Desa

SSTP kembali menegaskan bahwa Pemerintah Kota Tomohon sangat mengharapkan pengertian dari seluruh masyarakat Kota Tomohon maupun para pendatang dan pengemudi yang melewati wilayah Kota Tomohon agar tertib berlalulintas untuk keselamatan dan tidak seenaknya membuang sampah sembarangan dari dalam  kendaraan.

Selanjutnya masyarakat diminta untuk memperhatikan pengolahan sampah

dan pemilahan sampah serta menggunakan tempat-tempat sampah yang

telah ada dan disiapkan Pemerintah Kota untuk mempermudah proses pembuangan sementara yang selanjutnya akan diangkut oleh kendaraan sampah sesuai jadwal yang ada.

Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan Persampahan Kota Tomohon (Distarumansa) Drs O D S Mandagi juga mengharapkan pengertian dan kesadaran masyarakat  agar tidak lagi membuang sampah pada saluran air, dilahan yang kosong, pekarangan orang lain maupun di jembatan-jembatan, seperti di jembatan yang ada di Jalur lingkar Barat, di Taratara dan di tempat lainnya.  Sebab Jembatan dan saluran air  bukan tempat pembuangan sampah.

“Mari kita budayakan cinta lingkungan dan jadikan Kota Tomohon Bersih Indah dan Nyaman bagi semua orang. Karena budaya bersih dan budaya membuang sampah pada tempatnya adalah gaya hidup orang Tomohon yang cerdas dan merupakan salah satu perwujudan orang Beriman,”kata Mandagi.

Baca Juga:  Diterima Bupati Joune Ganda, LPSE Minut Terima Sertifikat Dari LKPP

 

Dengan melakukan yang baik dan benar, tentu kita telah bersama-sama membantu mensukseskan program pemerintah yang terus giat membenahi lingkungan dan merubah tampilan wajah Kota Tomohon.

Seperti program taman dan jalan lingkungan setapak yang asri berbunga dan indahyang baru saja diresmikan Walikota bertempat di Kelurahan Lansot Tomohon. Nantinya jalan lingkungan yang berbunga indah dan menarik akan dibuat di 370 lingkungan yang ada.(***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *