Pengurus kota sehat tomohon terbentuk

  • Whatsapp

img-20161115-wa0014

Walikota saat memberikan SK pengurus kota sehat tomohon.

 

Tomohon manadonews.

Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon mengadakan kegiatan Penyuluhan Menciptakan Lingkungan Sehat Penyelenggaraan Kota Sehat dan Pelantikan Pengurus Forum Kota Sehat di Kota Tomohon Tahun 2016, Selasa (15/11) yang bertempat di Aula Kantor Walikota Lt 3. Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon Dr Deesje Liuw M Biomed dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk tercapainya kondisi kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan carai terlaksananya pembangunan daerah, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktifitas dan perekonomian masyarakat Kota Tomohon. “Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terselenggaranya Kegiatan Kota Sehat di Kota Tomohon melalui peran serta dari pemerintah dan masyarakat, dengan dilantik dan terbentuknya kepengurusan Forum Kota Sehat Tingkat Kota Tomohon yang baru, diharapkan akan meningkatkan kinerja seluruh anggota dalam menyongsong Kota Sehat Tahun 2017, dapat meraih tatanan yang lebih tinggi ke Yingkat Wistara dengan ketambahan 3 tatanan yaitu Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi, Ketahanan Pangan dan Gizi, dab Kehidupan Sosial Yang Mandiri” ujar Liuw.Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa kota sehat adalah suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk dan konsep kota sehat tidak hanya berfokus pada pelayanan kesehatan, tetapi merupakan gerakan menyeluruh untuk mendorong inisiatif masyarakat menuju hidup yang sehat dengan tingkat ukuran kemajuan kota sehat.

Baca Juga:  Dipilih Pemerintah Pusat, ODSK Siap Launching Kartu Pra Kerja

“Kita ketahui bersama bahwai Kota Tomohon pada Medio Tahun 2013 lalu, pernah meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dan ditahun 2015 meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda, yang intinya berkisar pada penilaian Kota Sehat, bahkan saat ini kita sedang dalam persiapan penilaian atau verifikasi dalan rangka mendapatkan penghargaan tertinggi yaitu Swasti Saba Wistara pada tahun 2017” urai Eman.

“Hal ini membutuhkan peran serta masyarakat yang kegiatannya dilaksanakan melalui Forum Kota Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Pokja Kelurahan Sehat yang saat ini memiliki perubahan susunan pengurus forum, sesuai Surat Keputusan Walikota Nomor 329 Tahun 2016 tentang pembentukan forum kota sehat tingkat Kota Tomohon. Pada kesempatan ini akan dilakukan pelantikan pengurus forum Kotau Sehat tingkat Kota Tomohon yang diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsi sebagai mitra kerja dari pemerintah. Pengurus Forum Kota Sehat ini tentunya mendapat sokongan dari pemerintah melalui dana hibah yang tertata dalam APBD tahun 2017. Saya berharap dengan adanya forum Kota sehat ini, akan lebih meningkatkan lagi budaya beraih dan sehat di ligkungan paling terkecil yakni keluarga, sehingga nantinya meluas pada lingkungan sekitar kita bahkan di wilayah Kota Tomohon yang kita cintai” tutup Walikota. Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama dilaksanakan pelantikan pengurus Forum Kota Sehat di Kota Tomohon tahun 2016.

Baca Juga:  Hampir 2 Minggu Menghilang, Warga Desa Matani Ditemukan Meninggal

Hadir dalam kegiatan ini Anggota DPRD  Erens Kereh AMKL, Ketua Forum Kota Sehat Kota Tomohon Drs Johan Sambuaga, Ketua Tim Pembina Kota Sehat Kota Tomohon Ir Enos Pontororing, selaku narasumber Jene Mandu SKM juga sebagai Pengelola Program Kabupaten Kota Sehat Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan para pengurus Forum Kota Sehat Kota Tomohon.(***)

Pos terkait