Produksi sampah di Tomohon capai 31.200 meter kubik pertahun

  • Whatsapp

img-20161207-wa0017

Melky Leke SE, kabid persampahan.

 

Tomohon manadonews.

Kota Tomohon merupakan kota yang.saat ini tergolong kota berkembang di propinsi sulawesi utara setelah kota manado.

Hal ini dibuktikan dengan produksi sampah perhari di kata bunga ini mencapai 130 meter kubik perhari yang di angkut dan buang di tempat pembuangan akhir (TPA) yang ada di kota Tomohon.

Hal ini disampaikan oleh kepala dinas tataruang,pertamanan dan persampahan (distarumansa) Kota Tomohon Boy O D S Mandagi melalui kepala Bidang Persampahan Melky Leke SE,dimana hasil penelitian dan sudah di ukur bahwa setiap harinya produksi sampah mencapai 190 meter kubik perhari namun yang mampu diangkat oleh petugas sampah hanya 130 meter kubik.

” data sampai saat ini produksi sampah dikota Tomohon mencapai 31.200meter kubik pertahun dan daya tampung TPA 350.000 meter kubik”kata Leke.

Melky juga menambahkan saat ini TPA tipe sanitari lenvil ini bisa menampung jumlah sampah kota tomohon hingga 15 tahun mendatang.

Sedngkan jumlah pekerja di TPA ada 10 orang tenaga kontrak yang di jamin kesehatanya dengan BPJS ksehatan untuk mencacah dan memisahkan sampah yang masih bisa di daur ulang dengan sampah murni.

Baca Juga:  27 Adegan Warnai Rekonstruksi Pembunuhan Guru SMK Ichthus Mapanget

Leke juga menghimbau kepada masyarakat untuk menaati jam buang sampah yang sudah di tentukan oleh pemerintah kota Tomohon agar petugas sampah tidak kesulitan saat mengangkut sampah.(***)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *