Tiga Tahun Dibahas, Ranperda Zonasi Diparipurnakan

  • Whatsapp
Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat memberikan sambutan dalam Paripurna penetapan RZWP3K.
Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw saat memberikan sambutan dalam Paripurna penetapan RZWP3K.

MANADO, MANADONEWS – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K) akhirnya menemui titik akhir setelah Ranperda tersebut diparipurnakan oleh DPRD Sulawesi Utara (Sulut), pada Jumat (23/12), di ruang sidang Paripurna.

Dalam paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Pansus RZWP3K dibawah pimpinan anggota Dewan Edwin Lontoh, tampak lega setelah Ranperda tersebut yang pembahasannya sudah memakan waktu tiga tahun bisa diselesaikan dengan baik hingga bisa ditetapkan menjadi Perda.

Bacaan Lainnya

Dalam laporan Pansus RZWP3K yang dibacakan oleh Sekretaris Pansus, Eddyson Masengi mengatakan bahwa RZWP3K nantinya diharapkan dapat menjadi Perda yang benar memperhatikan kelestarian wilayah pesisir dan pulau pulau kecil.

Baca Juga:  Gubernur Olly Sambut Baik Program Bangga Kencana BKKBN Sulut

“Setelah ditetapkannya Perda ini, kiranya Pemerintah Provinsi Sulut segera melakukan sosialisasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, SKPD, dan masyarakat agar mengetahui isi dari Perda ini, serta membentuk peraturan daerah yang berkaitan dengan Perda ini,” ungkap Masengi.

Sementara itu, dalam sambutannya mewakili Gubernur Sulut, Steven Kandouw sangat mengapresiasi kinerja Pansus yang telah berhasil menyelesaikan Perda ini.

“Akronim RZWP3K saja susah, apalagi pembahasannya yang sudah melewati masa kepemimpinan tiga Gubernur dan cukup banyak dikritisi. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi kinerja dari Pansus karena Perda ini memang sudah sangat ditunggu-tunggu,” ujar Kandouw.

Selain RZWP3K, ada juga lima agenda lainnya yang turut diparipurnakan, diantaranya penyempurnaan Tata Tertib DPRD Provinsi, penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda), dan laporan kinerja alat kelengkapan Dewan.

Hadir juga dalam Paripurna ini Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut lainnya, Forkopimda Sulut, SKPD Pemprov Sulut, dan undangan lainnya.

Fransiscus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *